Peruri Sudah Cetak 8 Miliar Lembar Rupiah Emisi Baru | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

peruri-sudah-cetak-8-miliar-lembar-rupiah-emisi-baru-vd2

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – JAKARTA – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menyatakan, jumlah uang emisi baru tahun 2016 yang sudah dicetak hingga Oktober ini sudah menyentuh 8 miliar lembar.

Baca : Ini yang Buat Miliarder Berbeda dari Orang Kebanyakan 

Direktur Utama Peruri Prasetio mengatakan, jumlah cetakan uang emisi tersebut sudah mendekati target akhir tahun sebanyak 11,5 miliar lembar.

“Uang emisi baru yang udah dicetak sampai Oktober hampir delapan miliar lembar. Jadi total uang emisi baru, mulai akhir Desember 2016 sampai akhir 2017 sebanyak 11,5 miliar lembar,” ujarnya di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Adapun untuk pencetakan total uang kertas rupiah mencapai 12,9 miliar dan untuk uang logam 2,5 miliar keping. Jumlah tersebut berdasarkan penugasan dari Bank Indonesia (BI) kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pencetak uang ini.

Prasetio menyebutkan, penugasan tersebut dilakukan oleh BI secara multiyears selama dua tahun sekali. “Cetak uang kertas itu 12,9 miliar bilyet (lembar). Kalau uang logam 2,5 miliar keping,” katanya.

Selain uang rupiah, kata dia, pihaknya juga mencetak dokumen keamanan (security document) seperti paspor, pita cukai, materai, sertifikat, buku tanah, dan perangko. Penugasan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 tahun 2006 tentang Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia.

“Yang dicetak di kami itu uang dan dokumen sekuriti seperti paspor, pita cukai, materai, sertifikat, buku tanah, perangko. Itu yang dicetak di kami berdasarkan PP 32,” imbuh dia.

(ven)
Baca Juga :

Leave a comment