GANGGUAN SATELIT ATM, AKANKAN TERJADI KEBOCORAN DATA?

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – SEMARANG, Jaringan komunikasi Telkom 1 masih mengalami gangguan, akibatnya sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ikut terganggu. Layanan di beberapa ATM seperti penarikan uang hingga transfer belum bisa berfungsi normal.

Bagaimana dengan layanan internet banking dan mobile banking?

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Hari Siaga, layanan internet banking dan mobile banking masih berfungsi normal. Ia pun mengimbau nasabah BRI menggunakan layanan mobile banking atau internet banking untuk mengganti fungsi ATM dalam melakukan transfer atau pembayaran.

“Kita mengharapkan agar nasabah menggunakan beberapa sarana transaksi yang saat ini sudah umum digunakan seperti mobile banking atau internet banking,” kata Hari .
Selain BRI, layanan mobile banking dan internet banking dari Bank Mandiri juga tak mengalami masalah dan masih berfungsi dengan normal. Gangguan jaringan komunikasi Telkom 1 tak berdampak pada dua layanan tersebut.

“(Mobile dan internet banking) Tidak ada gangguan,” kata Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (Persero), Rohan hafas.

aringan Komunikasi satelit Telkom 1 saat ini tengah mengalami gangguan, akibatnya sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) berbagai perbankan juga ikut terkena dampaknya. Layanan seperti penarikan uang hingga transfer di ATM pun tak bisa dilakukan.

Lantas bagaimana layanan transfer lewat bank?

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Hari Siaga, layanan seperti penarikan uang hingga transfer melalui kantor cabang BRI masih dapat dilakukan secara normal. Hari mengatakan jaringan Telkom 1 tak mengganggu layanan kantor cabang Bank BRI.

“Untuk layanan di kantor cabang enggak ada masalah, semua layanan masih bisa berjalan normal,” kata Hari.

Hari menjelaskan yang mendapatkan gangguan hanyalah unit kerja BRI di beberapa daerah. Saat ini jumlah unit kerja yang masihg mengalami gangguan ada sebanyak 80 unit dan belum dapat melakukan layanan secara maksimal.

“Unit kerja enggak bisa melakukan layanan secara keseluruhan karena jaringannya bermasalah. Ini mudah-mudahan besok sudah membaik,” terangnya.

Selain itu, Hari juga mengimbau kepada para nasabah BRI untuk dapat menggunakan layanan mobile banking atau internet banking untuk melakukan layanan transfer.

“Kita mengharapkan agar nasabah menggunakan beberapa sarana transaksi yang saat ini sudah umum digunakan seperti mobile banking atau internet banking. tetapi kalau yang butuh cash bisa menuju ke unit kerja terdekat. Di setiap unit kerja kita yang bermasalah juga dipasang pengumuman agar nasabah bisa menuju ke unit BRI terdekat lainnya,” tutup Hari.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (Persero), Rohan Hafas, juga mengatakan layanan di kantor cabang Mandiri, seperti penarikan uang hingga layanan transfer antar bank juga tak mengalami masalah.
“Kantor cabang sama sekali dan tidak terganggu karena datanya tidak menggunakan VSAt, kebanyakan fiber optic dan fixed line,” kata Rohan.

Leave a comment