PONSEL ACER HILANG, DUNIA GAME BERKEMBANG PESAT

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO – SEMARANG, Acer sempat mencoba peruntungannya di segmen ponsel beberapa waktu silam. Namun belakangan ponsel besutan produsen Taiwan ini seakan hilang di telan bumi.

Menurut Herbert Ang, Presdir Acer Indonesia, ponsel garapan perusahaannya bukan hilang dari pasaran. Melainkan Acer mengalihkan target pasarnya yang kini tak lagi untuk segmen konsumer. Mereka berkilah kalau saat ini ponsel Acer lebih menyasar pengguna korporasi.

“Untuk smartphone di pasar Indonesia, Acer sampai hari ini masih bermain. Namun kami menyasar market-market tertentu, seperti korporasi,” ujarnya, di sela-sela acara GenerAcer Day, di Mal Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Alasan Acer Kenapa Ponselnya Hilang dari PasaranFoto: detikINET/Yudhianto

Acer sendiri sejauh ini kelihatannya memang fokus pada segmen konsumer laptop. Namun Herbert menepis hal tersebut dan mengatakan kalau perusahaannya fokus pada semua segmen yang digelutinya.

“Kami fokus di notebook, tapi bukan berarti sepenuhnya. Kami fokus ke semua segmen, seperti komputer desktop, all-in-one, server, dan lain-lain,” pungkas Herbert.

Getolnya sejumlah produsen teknologi menggeber perangkat game bukannya tanpa alasan. Pasar game dunia disebut telah meningkat hingga dobel digit dan diprediksi akan terus tumbuh.

Hal itu disampaikan oleh Herbert Ang, Presdir Acer Indonesia, di sela-sela event GenerAcer Day di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menurutnya, pasar game dunia kini telah mencapai dobel digit meski masih berada di bawah 20%.

Menariknya, hal yang sama pun disebut turut berlaku di pasar Indonesia. Herbert juga yakin kalau peningkatan ini akan terus berlanjut. Apalagi seiring meningkatnya jumlah kaum milenial, terutama di Indonesia.

“Untuk Acer pertumbuhan di market game mencapai dua digit, begitu pun dunia. Memang tidak sampai 20%, tapi bertumbuh. Indikasinya karena (jumlah) generasi milenial yang terus tumbuh,” ujarnya di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Herbert Ang, Presiden Direktur Acer IndonesiaHerbert Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia (detikINET/Yudhianto)

Dibanding segmen lainnya yang mencapai puluhan persen, pasar game kelihatannya memang belum memberi kontribusi signifikan. Namun mengacu pada produknya yang rata-rata tak bisa dibilang murah, pendapatan yang diperoleh produsen jug tak bisa dibilang kecil.

Saksikan video 20detik mengenai Perkembangan Laptop Gaming di sini:

Itu yang lantas bikin Acer percaya untuk serius menggeluti pasar game. Bahkan produsen ini telah menyiapkan rangkaian produk yang bisa menjawab kebutuhan gamer dari yang casual sampai hardcore.

“Kontribusi perangkat game untuk market Indonesia belum besar, belum sampai puluhan persen. Tapi kami yakin tumbuh. Selain itu unitnya juga terbilang cukup tinggi harganya. Jadi walaupun sedikit (pangsa pasarnya) namun nilai yang didapat tinggi,” jelas Herbert.

“Acer juga punya produk untuk semua segmen game. Mulai dari yang casual sampai yang hardcore lewat seri Predator. Dari yang Rp 10 jutaan hingga Rp 100 jutaan. Kami menjawab kebutuhan semua gamer,” umbarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s