WEDANG RONDE DAN BAKSO BERANAK, NYAMY…NYAMY…

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – SEMARANG, Saat berkunjung atau sekadar lewat di Kota Salatiga di Jawa Tengah, pecinta kuliner wajib mencicipi wedang ronde sekoteng yang dikenal legendaris di kota ini.

Namanya Wedang Ronde Jago, berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman nomor 9, Kota Salatiga.

“Ini (Wedang Ronde Jago) buka dari tahun 1964,” kata Johny Indrayanto, sang pemilik yang merupakan generasi ketiga pengelola Kedai Wedang Ronde Jago.

Di kedai ronde Jago tersebut, ada satu menu andalan dan menjadi favorit pengunjung sampai saat ini yakni wedang ronde sekoteng.

Ronde Sekoteng sendiri konon memiliki kasiat yang baik untuk kesehatan lambung dan daya tahan tubuh karena kuahnya terbuat dari air jahe.

Selain itu sajian hangat dari ronde sekoteng juga sangat pas dinikmati terutama menjelang malam di Salatiga. Namun jika tak suka dengan sajian hangat, disediakan pula es wedang ronde.

“Ronde sekoteng paling diminati di sini. Ramuannya ini ada sembilan. Kalau ditempat lain hanya dua sampai 3 ramuan. Dan ramuannya langka semua, Seperti manisan jeruk, sagu delima, manisan tangkweh sekarang itu sulit sekali dapatnya, rumput laut juga khusus kami datangkan dari Surabaya,” kata sang pemilik.

Menurutnya, pada saat musim libur lebaran, kedainya menerima tamu yang membludak. Tak jarang, pengunjung harus antre demi merasakan nikmat ronde sekoteng.

“Kalau musim lebaran gini, banyak sekali pengunjung. Mungkin 70 persen pemudik semua. Pelanggan yang rutin ke sini  justri tidak datang kalau liburan seperti ini karena mereka tahun kalau di sini ramai pengunjung dari luar kota, ” ujar Johny.

Dari pantauan Tribun Jateng, warung tersebut sudah banyak dikunjungi artis kondang sekaliber Deddy Mizwar, pakar kuliner Bondan Winarno, Baron, dan beberapa artis lainnya. Kunjungan para itu artis itu diabadikan lewat  foto-foto yang dipajang lengkap dengan tanda tangan para artis yang di pasang di warung ronde tersebut.

“Banyak. Mereka pada kesini (artis). Kalau orang dari luar kota ke Salatiga, mereka bilang belum ke Salatiga kalau belum kesini,” kata pemilik Ronde Jago tersebut.

Sementara untuk menu lainnya, ada juga wedang kacang tanah, yang tak kalah nikmat. Bahkan menurut Johny, pengunjung sering membeli dua menu sekaligus yakni wedang ronde sekoteng dan wedang kacang tanah.

Hal itu juga yang membuat Johny mendapat ide baru dengan membuat tambahan menu wedang ronde sekoteng campur kacang tanah.

Untuk harga, pengunjung bisa menikmati menu yang disajikan dengan harga yang relatif murah. Wedang ronde sekoteng dan wedang kacang tanah dipatok harga Rp. 12.000 sedangkan versi campur di patok harga Rp.13.000.

Jika berkunjung di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, jangan lewatkan warung bakso ini.

Warung Bakso Super Beranak dan balungan ‘Sabar Menanti’ ini berlokasi di Jalan Sultan Fatah. Tepatnya di depan Kantor Dinas Pariwisata, Kabupaten Demak, sebelum gerbang masjid agung Demak.

Warung yang buka pada pukul 17.00 WIB ini tidak pernah sepi oleh pelanggan. Pelanggan rela duduk di trotoar untuk menikmati bakso ini. Warung ini tutup apabila semua porsi bakso laku terjual.

Pengunjung rela antri untuk menikmati bakso di Warung Bakso Super Beranak/Balungan Sabar Menanti dijalan Sultan Fatah, depan Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Selasa (26/06/2017)
Pengunjung rela antri untuk menikmati bakso di Warung Bakso Super Beranak/Balungan Sabar Menanti dijalan Sultan Fatah, depan Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Selasa (26/06/2017) 

Mumun, pemilik warung ini menuturkan bakso yang ia jual merupakan olahannya sendiri. Ia dapat menghabiskan sebanyak 500 porsi setiap harinya.

“Kalau habis lebaran gini saya tidak bisa duduk, melayani pelanggan terus,” ujarnya kepada ke pelanggan sambil meracik bakso, Selasa (27/6/2017).

Seporsi bakso beranak berisi potongan tahu, mie, dan sebuah bakso berukuran sebesar bola tenis yang di ketika dibelah terdapat bakso ukuran kecil, daging sapi dan ayam, ditambah segelas teh hangat dapat anda tebus seharga Rp 20.000. (

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s