CONTRAFLOW MENJADI SOLUSI DI TOL CIKAMPEK, JALUR KENDAL-JAKARTA MACET DI CEPIRING

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – SEMARANG, Polisi telah memberlakukan contraflow sepanjang 10 kilometer di Tol Jakarta-Cikampek. Hasilnya, arus lalu lintas yang sebelumnya macet kini perlahan mulai lancar.

Amelia, menjelaskan kondisi lalu lintas Tol Jakarta-Cikampek sebelum dan sesudah diberlakukannya contraflow. Kemacetan terjadi sebelum Gerbang Tol Cikarang Utama.

“Arus lalu lintas selepas dari Cikarang Utama 1 itu padat merayap. Itu KM 29 sampai KM 32 ditempuh 45 menit. Petugas memberlakukan contraflow mulai dari titik KM 32 sampai dengan KM 42. Di KM 32, satu lajur ruas tol mengarah ke Jakarta diberlakukan contraflow untuk kendaraan yang mengarah ke Cikampek,” jelas Amelia.

Usai contraflow diterapkan, arus lalu lintas mulai mencair. Contraflowdiberlakukan pada pukul 09.30 WIB.

Contraflow berlaku mulai pukul 09.30 WIB. Tadi dipasang cone, dibatasi biar dari arah berlawanan, dari timur ke barat tahu bahwa ada contraflow. Setelah diberlakukan contraflow, arus lalin mulai mencair dari KM 32 sampai 41,” jelas Amelia.

Sementara itu, Amelia mengatakan titik kemacetan terjadi di rest area KM 39 Tol Jakarta-Cikampek. Banyaknya pemudik yang memanfaatkan fasilitas tersebut untuk istirahat menjadi salah satu penyebab kemacetan.

“Antrean kendaraan di rest area KM 39. Itu menjadi salah satu penyebab kemacetan tol Jakarta-Cikampek. Kendaraan didominasi mobil pribadi,” sebutnya.

Kendaraan pemudik yang melintasi jalur Gringsing sudah mengalami peningkatan hingga H-2 hari ini. Arus lalu lintas Tol darurat Brebes-Gringsing terpantau lancar hingga pagi ini.

“Kalau di dalam tol lancar,” kata petugas Satlantas Polres Batang Bripda Tian Ayu saat dihubungi detikcom, Jumat (23/6/2017) sekitar pukul 09.40 WIB.

Arus lalu lintas di Gringsing yang datang dari arah Jalur Pantura dan exit Tol Gringsing juga terpantau lancar.

Namun begitu, arus lalu lintas di tol exit Gringsing (Gringxit) terpantau lancar pagi ini. Kepadatan baru terjadi setelah perbatasan Batang-Kendal hingga Pasar Cepiring Kendal.

“Kalau Gringsing di Batangnya masih lancar, ini masih agak padat di daerah Kendal. Sudah mulai menumpuk sampai Pasar Cepiring Kendal,” ujarnya.

Pemudik diminta untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Bagi pemudik yang melintasi Tol darurat Brebes-Gringsing diimbau tidak melebihi kecepatan 40 Km per Jam.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s