LONDON MENCEKAM, MOBIL MENABRAK PEJALAN KAKI DAN 1 ORANG DITIKAM

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – SEMARANG,  Insiden mobil menabrak pejalan kaki di luar Masjid Finsbury Park, London bagian utara, Inggris diwarnai aksi penikaman. Satu pelaku dilaporkan keluar dari mobil usai melakukan penabrakan dan sempat menikam setidaknya satu orang.

Seperti dilansir surat kabar Inggris, Evening Standard, Senin (19/6/2017), keterangan sejumlah saksi mata menyebut seorang pria yang keluar dari mobil van warna putih dan menodongkan pisau. Laporan menyebut, sedikitnya satu orang terkena tikaman pelaku.

“Ada banyak orang keluar (dari masjid) dan van itu belok ke kiri dan langsung menabrak mereka. Saya melihat 4-5 orang di lantai. Setidaknya satu orang ditikam,” terang salah satu jemaah masjid setempat, Mehdi (38).

“Kerumunan warga menangkap seorang pria. Dia berupaya melakukan hal seperti London Bridge,” imbuhnya.

Hal ini mengingatkan pada insiden di London Bridge beberapa waktu lalu. Saat itu sekelompok pria menabrak pejalan kaki di London Bridge dan melanjutkan serangan dengan berjalan kaki ke Borough Market untuk menikam orang-orang di sana. Sedikitnya 8 orang tewas dalam serangan itu.

Insiden terbaru ini terjadi di luar Masjid Finsbury Park, sesaat setelah tengah malam, atau Senin (19/6) dini hari waktu London. Sebuah kendaraan van dengan sengaja menabrak kerumunan orang di luar masjid. Dewan Muslim Inggris (MCB) menyebut kendaraan itu dengan sengaja menabrak para jemaah yang baru menunaikan salat Tarawih.

Seorang jemaah lainnya, yang enggan disebut namanya, juga mengungkapkan keterangan senada. “Ada mobil van putih. Mobil itu menabrak pria dan wanita yang tidak bersalah, yang hendak pulang ke rumah usai ibadah malam. Kemudian seorang pria muncul dan menikam, saya pikir dua orang ditikam,” ujarnya.

Dilaporkan Evening Standard bahwa beberapa orang yang ada di lokasi bergulat dengan pelaku dan mengamankannya di lantai. Personel kepolisian yang berpatroli di dekat lokasi tiba beberapa detik kemudian dan langsung menangkap pelaku. Identitas pelaku belum dirilis ke publik. Kepolisian Metropolitan London hanya menyebut satu orang ditangkap terkait insiden ini.

Pelaku dilaporkan saksi mata sebagai pria berkulit putih dengan rambut hitam. Mobil yang digunakan pelaku diketahui disewa dari Pontaclun Van Hire, yang berbasis di Wales.

Insiden kendaraan menabrak para pejalan kaki terjadi di luar Masjid Finsbury Park, London bagian utara, Inggris. Dewan Muslim Inggris menyebut kendaraan itu dengan sengaja menabrak para jemaah yang baru pulang Tarawih.

“Kami telah diberitahu bahwa sebuah van telah menabrak para jemaah yang baru meninggalkan Masjid #FinsburyPark. Doa kami bersama para korban,” demikian pernyataan Dewan Muslim Inggris (MCB), seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (19/6/2017).

Harun Khan, yang merupakan Ketua MCB, menuturkan via Twitter bahwa mobil van itu ‘dengan sengaja’ menabrak orang-orang yang baru pulang Tarawih selama bulan suci Ramadan. Khan tidak menyebut lebih lanjut sumber informasinya itu.

Belum ada tanggapan resmi Kepolisian Metropolitan London atas pernyataan tersebut. Namun diketahui bahwa insiden ini memang terjadi di Seven Sisters Road, Finsbury Park, London bagian utara, tepatnya di antara stasiun dan masjid setempat.

Masjid Finsbury Park yang terletak dekat Seven Sisters Road itu diketahui pernah menjadi masjid tokoh Islam radikal Abu Hamza. Dia sempat menjadi imam masjid itu pada tahun 1997. Namun masjid itu berubah drastis di bawah manajemen baru.

Beberapa saksi mata, seperti dikutip media lokal Inggris, The Independent, menyebut kendaraan itu sengaja menabrak para jemaah yang baru keluar dari masjid sesaat setelah tengah malam. Salah satu saksi mata menuturkan kepada radio LBC bahwa banyak jemaah masjid itu yang mampir minum kopi di kafe setempat, yang menjadi lokasi insiden.

“Secara perlahan dan dengan sengaja menabrak kerumunan kafe di luar sebuah masjid,” tutur salah satu saksi mata kepada radio lokal LBC.

Jumlah korban dalam insiden ini belum diketahui pasti. Kepolisian Metropolitan London menyebut insiden ini sebagai ‘insiden besar’. Satu orang telah ditangkap terkait insiden ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s