SEPATU EMAS MESSI DAN PENSIUNNYA TOTTI

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO – SEMARANG, Selain Copa del Rey, Lionel Messi memastikan menutup musim 2016/2017 dengan penghargaan lain. Dia dipastikan jadi topskorer kompetisi Eropa musim ini.

Messi total membuat 37 gol di sepanjang kompetisi La Liga 2016/2017. Jumlah gol tersebut membuat dia mengumpulkan 74 poin dalam perebutan Sepatu Emas Eropa.

Dengan poin tersebut Messi tak terkejar oleh lawan-lawannya di seluruh penjuru ‘Benua Biru’. Pemain terakhir yang berpeluang menyalipnya adalah Edin Dzeko, namun dia harus mencetak 10 gol di laga terakhir AS Roma.

Dzeko bikin gol malam tadi, tapi cuma satu saat membantu timnya mengalahkan Genoa 3-2. Dzeko pada akhirnya mengumpulkan 58 poin.

Di klasemen Sepatu Emas Eropa, Messi dikuntit oleh Bas Dost (Sporting Lisbon) yang mengoleksi 68 poin. Lalu di posisi tiga ada Pierre-Emerick Aubameyang, (Borussia Dortmund) dengan 62 poin dipunya setelah melesakkan 31 gol.

Pada posisi empat dan lima ada Robert Lewandowski (60 poin) dan Harry Kane (58 poin).

Ini menjadi Sepatu Emas Eropa keempat yang dimenangi Messi, yang membuat dia kini berdiri sejajar dengan Cristiano Ronaldo. Bintang asal Argentina itu sebelumnya memenangi penghargaan yang sama di 2010, 2012, dan 2013.

Untuk diketahui, penghitungan poin di klasemen Sepatu Emas Eropa menggunakan koefisien faktor pengkali berbeda. Lima kompetisi teratas Eropa (Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A dan Premiera Liga), yang dianggap persaingannya paling ketat, memiliki faktor pengkali 2 (contoh: Messi 37 gol 74 poin). Sementara di luar itu nilai pengkalinya adalah 1,5 (contoh: Cavani 35 gol 52,5 poin).

Tahun lalu Sepatu Emas Eropa jadi milik Luis Suarez setelah dia membuat 40 gol di La Liga. Yang menarik, sejak Ronaldo merebut Sepatu Emas Eropa sebagai pemain Manchester United di 2007/2008, setelah itu penghargaan Sepatu Emas Eropa selalu didapat pemain yang merumput di Liga Spanyol.

Klasemen Sepatu Emas Eropa

Lionel Messi (Barcelona) 74 poin
Bas Dost (Sporting Lisbon) 68 poin
Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund) 62 poin
Robert Lewandowski (Bayern Munich) 60 poin
Harry Kane (Tottenham Hotspur) 58 poin
Edin Dzeko (AS Roma) 58 poin
Luis Suarez (Barcelona) 58 poin
Dries Mertens (Napoli) 56 poin
Edinson Cavani (Paris Saint-Germain) 52.5 poin
Andrea Belotti (Torino) 52 poin
Romelu Lukaku (Everton) 50 poin
Anthony Modeste (Cologne) 50 poin
Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 50 poin

Pelatih Pescara Zdenek Zeman bersikeras Francesco Totti dipaksa pensiun dan bukan ia yang mengambil keputusan itu, sehingga yang terjadi saat ini adalah tragedi.

Totti sudah mengucapkan perpisahan kepada publik Olimpico dan karier bermain, setidaknya dalam balutan jersey Giallorossi, dalam kemenangan 3-2 atas Olimpico, Minggu (28/5/2017).

Belum ketahuan persis apa pesepakbola 40 tahun tersebut akan langsung gantung sepatu dan masuk manajemen klub, seperti yang sudah ditawarkan Roma, atau justru akan bermain lagi di klub lain.

Zeman, yang pernah menangani Totti di Roma, masih yakin sekali bahwa Totti sebenarnya tetap ingin bermain. Namun, ia tak mendapat kesempatan itu lagi di Roma sehingga ada unsur keterpaksaan dalam keputusan Totti berhenti main.

“Saya melihat ini bukan sebagai perayaan tapi sebuah pemakaman,” kata Zeman kepada Sky Sports Italia yang dilansir Football Italia.

“Berbeda halnya jika memang dia yang memutuskan ganti sepatu, tapi kalau bukan dirinya yang memutuskan untuk pensiun maka ini merupakan sebuah tragedi. Saya pikir Totti masih ingin lanjut dan ia masih mencintai sepakbola.Ia berkelakar, tapi ia masih bisa berlari dengan oke. Saya belum melihatnya harus tampil dengan baju setelan dan dasi di Trigoria.

“Sayangnya, ia takkan bisa bermain lagi di Italia karena ia takkan rela melawan Roma. Jika ia ke luar negeri maka itu haruslah untuk sebuah tim yang sesuai standarnya,” tuturnya.

Ketika ditanya apa Totti mungkin turun ke Serie B dengan Zeman dan Pescara musim depan, ia menjawab, “Tidak, ia pantas mendapatkan yang lebih baik.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s