PESAN AHOK DAN TABAHNYA VERONIKA TAN

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – SEMARANG, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai menjalani hari-hari di Rutan Mako Brimob. Dari balik jeruji besi, Ahok menyampaikan beberapa pesan kepada Djarot Saiful Hidayat.

Ahok bertemu Djarot usai divonis 2 tahun dan ditahan pada Selasa 9 Mei 2017. Keduanya bertemu di Rutan Cipinang dan Rutan Mako Brimob. Mereka bercengkrama dan berkoordinasi.

Meski ditahan, Ahok tegar dan tetap bersemangat. Terbaru, Ahok menyampaikan saran-saran kepada Djarot yang telah telah ditunjuk Mendagri Tjahjo Kumolo untuk menjabat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. Penugasan Djarot ini agar roda pemerintahan di Jakarta tetap berjalan.

Ahok menyarankan agar Djarot menempati rumah dinasnya di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Selatan. Hal itu agar Djarot lebih dekat menuju Balai Kota ketimbang dari rumah dinas Djarot di kawasan Pesakih, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain itu, Ahok menitipkan pesan kepada Djarot saat mereka bertemu di Rutan Cipinang. Ahok meminta Djarot untuk menyampaikan salam kepada pendukung setia mereka. Ahok juga meminta Djarot untuk meningkatkan pelayanan bagi warga Jakarta.

Berikut 3 pesan Ahok ke Djarot:

Saat bertemu Ahok, Djarot mengaku sempat disarankan untuk pindah ke rumah dinas di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Namun, Djarot menolak lantaran telah menempati rumah dinas wakil gubernur di kawasan Pesakih, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Bahkan beliau bilang gini, ‘Mas dari pada jauh-jauh di Pesakih, itu ditempati saja rumah di Taman Suropati’. Waduh nggak dululah aku bilang gitu,” ungkapnya.

Saran Ahok itu disampaikan agar Djarot lebih dekat ke Balai Kota. Namun Djarot menolaknya, tetapi mengaku kemungkinan bisa pindah kalau sewaktu-waktu membutuhkan.

“Tempati saja itu biar cepet kan dekat Taman Suropati ke Balai Kota daripada Kuningan’. Saya bilang nggaklah terima kasih, nanti saja kalau kami butuh saya ke sana,” kata Djarot.

“Sementara ini keluarga nyaman di Kuningan. Kalau diperlukan betul baru ke sana,” tambahnya.

Ahok meminta Djarot untuk menyampaikan salamnya kepada pendukungnya.

“Salam dari Pak Ahok pada kalian semua. Pak Ahok tetap cinta kalian semua, pulang ya habis ini pulang ya. Pulang, jangan nginap,” ujar Djarot kepada massa pro Ahok di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (9/5/2017).

Djarot yang berkemeja kotak-kotak juga berpesan kepada massa untuk menjaga kesehatan. Komunikasi antara Djarot dengan massa dibatasi pagar pembatas.

“Tetap semangat jaga kesehatan. Kalau kalian sakit, siapa doain kita?” katanya.

Saat berkomunikasi, ada seorang pendukung meminta penahanan Ahok ditangguhkan. Djarot mengatakan, akan membantu semaksimal mungkin.

“Jadi begitu ya? masih tetap semangat, tetap tertib? Kita bantu semaksimal mungkin,” jawab Djarot.

Ahok berpesan agar pelayanan untuk warga Jakarta bisa meningkat.

“Tadi beliau (Ahok) sangat tegar, sehat, dan tetap semangat,” kata Djarot di gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2017).

Djarot mengaku mendapat pesan dari Ahok. “Kemudian (Ahok) pesan supaya pelayanan yang kita kerjakan selama ini harus tetap baik, bisa meningkat. Itu saja,” ujar dia.

Djarot memastikan dirinya akan meneruskan tradisi Ahok di Balai Kota untuk menampung curhat warga dan rutinitas berfoto bersama warga.

Sirra Prayuna, salah satu kuasa hukum Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan, istri kliennya, Veronica Tan menerima hukuman dua tahun penjara yang diketuk majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Ahok dianggap bersalah melakukan penodaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156 huruf a KUHP. Ahok pun harus mendekam di Rumah Tahanan Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Pak Ahok menjelaskan putusannya seperti ini, saya harus jalani ini, sabar. Bu Vero mengerti dan memahami juga,” kata Sirra saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (10/5).

Sirra mengungkapkan, Veronica tampak sedih saat mendampingi sang suami ditahan sementara di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Veronica juga sempat mendampingi Ahok saat dipindahkan ke Rutan Mako Brimob.

Meski demikian, lanjur Sirra, Veronica menerima hukuman yang dijatuhkan hakim kepada Ahok. Tak hanya sang istri, para pendukung Ahok pun merasa terpukul atas vonis dua tahun majelis hakim kemarin.

“Jangankan Bu Veronica semua batin pendukungnya juga banyak yang nangis terhadap putusan yang tak pernah dibayangkan seperti ini,” kata Sirra.

Sirra menuturkan, saat ini Ahok belum mau dikunjungi oleh siapa pun. Hanya keluarga yang dikehendaki oleh Ahok untuk bertemu. Menurut Sirra, kliennya tersebut membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah beraktivitas sejak pagi kemarin.

Sementara itu, pantauan CNNIndonesia.com di Mako Brimob Kelapa Dua, para pendukung Ahok sudah tampak berkumpul di sekitaran gerbang masuk Mako Brimob. Mereka tampak mengenakan kemeja khas kotak-kotak.

Mereka mengaku ingin memberikan dukungan langsung kepada Ahok yang kini mendekam di Rutan Mako Brimob.

Namun pihak kepolisian telah melarang para pendukung Ahok berkumpul dan menggelar aksi di gerbang utama Mako Brimob. Anjing pelacak juga sudah disiagakan untuk mengantisipasi kericuhan dari massa pendukung Ahok.

 

 

 

HARAPAN SRI MULYANI TERHADAP SEMUA PNS | PT RIFAN FINANCINDO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s