LAPAS PEKANBARU JEBOL, NAPI KABUR

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – SEMARANG, Kerusuhan di rutan Pekanbaru di Sialang Bukuk, Kecamatan Tenayan Raya, berujung kaburnya ratusan tahanan, Jumat (5/5/2017). Hingga petang ini, 96 tahanan ditangkap kembali.

Sebelum kabur, para tahanan terlibat kericuhan. Menurut Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak, tahanan ‘berdemo’ menuntut perbaikan fasilitas di rutan, seperti masalah kamar dan air.

“Ini akumulasi dari persoalan,” kata Dusak . Dusak menyebut rutan tersebut disesaki 1.870 tahanan, padahal kapasitasnya hanya 300 tahanan.

Foto di atas menunjukkan momen para tahanan tengah berkerumun. Ada yang berkacak pinggang, berteriak, dan menunjuk sesuatu seperti sedang marah.

Berdasarkan data di Ditjen Pemasyarakatan, kerusuhan itu berujung kaburnya tahanan sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka menjebol pintu, kemudian secepat kilat mengambil ‘langkah seribu’. Sebagian di antaranya sudah ditangkap. Ada yang dibekuk di perbatasan Pekanbaru-Pelalawan, yang berjarak 30 kilometer dari rutan.

Polda Riau menduga persoalan pungutan liar juga memicu kemarahan tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru di Jl Sialang Bungkuk, Tenan Raya, hingga akhirnya kabur. Pungli ini diduga dilakukan oknum sipir.

“Banyak faktor yang menyebabkan terjadi keributan itu. Selain soal over kapasitas, ada juga dugaan pungli,” kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo kepada detikcom di Rutan Pekanbaru, Jumat (5/5/2017).

Polisi menurut Guntur masih mendalami dugaan pungli tersebut. Selain itu diduga ada persoalan pembedaan perlakuan antara tahanan pidana umum dengan tahanan pidana korupsi.

“Ini juga salah satu faktor lainnya,” kata Guntur.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkum HAM I Wayan Kusmiantha Dusak, sebelumnya menyebut tahanan kabur setelah sebelumnya menyampaikan tuntutan terutama soal fasilitas di rutan. Rutan yang kini disesaki 1.870 tahanan sebenarnya hanya punya daya tampung untuk 300 tahanan.

“Ada beberapa masalah, sesuai dengan tuntutan misalnya air, masalah kamar kan itu kapasitas 300 isi 1.800-an, tuntutan soal pungutan segala fasilitas semuanya menurut versi mereka. Ini akumulasi dari persoalan,” ujar Dusak.

Hingga, Jumat (5/5) sore, sudah ada 96 orang tahanan Rutan Pekanbaru di Jl Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, yang berhasil ditangkap. Mereka langsung ditempatkan ke sejumlah lapas/rutan lainnya.

 

BACA JUGA : JATINEGARA BERDUKA, KEBAKARAN HEBAT DI PERUMAHAN | RIFAN FINANCINDO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s