PLANNING KAYA DI UMUR 30 TAHUNAN, BISA KAH?

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT RIFAN FINANCINDO – SEMARANG, Warren Buffett juga seorang ahli keuangan yang terkenal di dunia. Buffett juga merupakan orang kaya nomor tiga di dunia. Maka dari itu banyak orang yang ingin meminta nasihat keuangan darinya.

Banyak orang yang sampai sekarang kesulitan dalam mengelola keuangannya. Jika Anda masih kesulitan dalam mengelola keuangan, ada baiknya Anda belajar mengelola keuangan dari Warren Buffett. Berikut adalah tips bagaimana mengelola keuangan dengan baik:

1. Hindari Utang
Warren Buffett juga mengatakan bahwa sebenarnya Anda tidak perlu untuk berutang di dunia ini. Lakukan dengan cerdas dengan cara membuat banyak uang tapi tidak dengan berutang apalagi menggunakan kartu kredit. Menurutnya, bunga yang ada di kartu kredit akan membuatnya bangkrut.

2. Memandang Uang untuk Jangka Panjang
Merencanakan keuangan untuk jangka panjang sangatlah diharuskan. Jangan hanya melihat sekarang atau 5 tahun ke depan. Tapi lihat sampai 10 atau 20 tahun ke depan karena kita tidak tau apa yang akan terjadi nanti.

3. Menyediakan Uang Kas
Kunci lain untuk menata keuangan adalah dengan menjaga persediaan uang kas. Cadangan kas harus selalu dipertahankan di batas tertentu. Jadi buatlah cadangan kas Anda jika ada masa–masa krisis sehingga kondisi keuangan Anda tidak memburuk.

4. Berinvestasi pada Diri Anda
Menurut Buffett, apapun yang Anda lakukan, sudah seharusnya Anda berinvestasi agar membuat kemampuan Anda lebih meningkat dan berharga lagi. Karena, menurutnya bagaimanapun investasi yang terbaik adalah berinvestasi pada diri Anda sendiri.

5. Menabung
Menurut Buffett, kesalahan terbesar dari keuangan yang buruk adalah tidak membangun kebiasaan untuk menabung. Menabung juga untuk menjaga kestabilan keuangan Anda. Jadikan menabung sebagai kebiasaan dan jangan tunda lagi.

6. Beramal
Buffett juga telah menyediakan dana untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Ia juga salah satu pendiri The Giving Pledge bersama pendiri Microsoft, Bill Gates dan 130 miliarder lain yang sepakat untuk menyumbangkan uangnya kepada yang membutuhkan.

Berikut adalah tips keuangan dari Warren Buffett semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda..

Jadi jutawan di usia masih muda? Tentu semua orang menginginkannya. Sayangnya, itu tidak mudah dilakukan apalagi jika Anda belum punya jabatan tinggi di perusahaan atau sedang banyak tanggungan.

Tapi jika benar-benar ingin memperbanyak tabungan untuk masa depan yang lebih baik, tak ada salahnya untuk mulai mengubah gaya hidup dan cara pandang mulai dari sekarang. Untuk menjadi jutawan di usia 30-an, ini yang bisa Anda lakukan selagi masih usia 20-an tahun:

1. Fokus pada Penghasilan

Foto: Thinkstock

Banyak orang yang tidak melihat penghasilan ketika menerima sebuah pekerjaan. Tapi jika ingin banyak uang di usia 30-an, tampaknya Anda tetap perlu memperhatikan urusan uang. Kemudian fokuslah pada peningkatan gaji setiap tahunnya. Jika penghasilan Anda belum meningkat dalam beberapa tahun, ada baiknya meminta kenaikan gaji atau mungkin mencari karier lain.

2. Perbanyak Sumber Penghasilan

Foto: Thinkstock

Jika bisa, Anda juga punya beberapa sumber gaji. Mulai sekarang coba pikirkan, kira-kira bisnis atau jasa apa yang bisa Anda jual dan memberi penghasilan ekstra. Namun sebelumnya pastikan dulu apakah perusahaan memperbolehkan dan Anda mampu menjalani serta membagi waktu.

3. Menabung untuk Investasi

Foto: Thinkstock

Kebanyakan orang menabung untuk menyimpan uang. Namun untuk menjadi seorang jutawan, Anda perlu mengubah cara pandang. Selain untuk mengumpulkan uang, menabunglah juga untuk berinvestasi. Jadi, uang Anda dalam rekening bukan hanya untuk disimpan namun juga digandakan dengan ‘bermain’ saham, reksadana, obligasi, dan lainnya.

4. Ubah Cara Pandang Mengenai Uang

Foto: Muhammad Ridho

Mengubah kebiasaan bisa dimulai dengan mengubah cara pandang. Jika ingin lebih hemat dalam keuangan, ubah pula pikiran Anda mengenai uang dan kekayaan. Hal tersebut juga menjadi ‘rahasia’ jutawan Steve Siebold.

“Rahasianya selalu sama: berpikir. Jika kebanyakan orang percaya jadi kaya itu di luar kendali, orang kaya tahu jika menghasilkan uang adalah pekerjaan,” ungkap Steve dilansir Time.

5. Investasi Diri Sendiri

Foto: thinkstock

Agar karier bisa berkembang dan penghasilan bertambah, tentu Anda perlu mengembangkan diri sendiri. Caranya adalah dengan terus menggali kemampuan, pengalaman, dan ilmu.

6. Bergaul dengan Orang yang Anda Kagumi

Foto: thinkstock

Jangan malu untuk bergaul jika ingin kaya. Apalagi dengan orang-orang sukses yang selama ini Anda kagumi. Ketika bergaul dengan ‘idola’, coba perhatikan cara mereka bersikap dan berpikir.

“Berada di antara orang yang lebih sukses dari kamu berpotensi mengekspansi pemikiranmu dan memperbanyak penghasilan. Kenyataannya, jutawan berpikir berbeda dari kelas menengah mengenai uang dan banyak yang bisa diambil dengan berada di dekat mereka,” tutur Steve.

7. Jangan Pamer

Foto: (Visit Sweden)

Ketika sudah punya banyak uang, jauhi pikiran untuk memamerkannya. Pamer kekayaan akan membuat Anda menghabiskan uang yang selama ini sudah susah payah didapatkan. Jika bisa, tetaplah hidup dalam kesederhanaan meski tidak dilarang pula untuk sesekali berbelanja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s