SAINS BERKATA TENTANG TEKNOLOGI, SIMAK INI

RIFAN FINANCINDO

Rifan Financindo – Semarang, Para pengamat Amerika Serikat (AS) terkejut saat mendapati citra satelit menunjukkan aktivitas tak biasa di tempat uji coba nuklir Korea Utara (Korut). Ternyata, permainan voli terdeteksi sedang digelar di area yang sebelumnya diprediksi akan menggelar uji coba nuklir.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (19/4/2017), para pengamat AS tersebut pekan lalu meramalkan Korut akan menggelar uji coba nuklir dalam waktu dekat. Namun citra satelit terbaru menunjukkan aktivitas berbeda.

Dengan spekulasi yang beredar di tengah ketegangan antara Korut dengan AS, para pengamat memperkirakan mereka akan menyaksikan aktivitas semacam persiapan untuk ledakan bawah tanah di tempat uji coba nuklir Punggye-ri.

Foto citra satelit yang diambil oleh satelit komersial pada Minggu (16/4) waktu setempat, menunjukkan permainan voli sedang berlangsung di beberapa lokasi berbeda di fasilitas itu. Para pengamat AS tidak berharap melihat foto-foto semacam ini di tempat uji coba nuklir Korut.

“Kami melihat bahwa di tiga lokasi yang ada di fasilitas tersebut — di area administratif utama, di area pendukung, di pusat komando dan di barak penjaga dekat pusat komando — mereka juga sedang menggelar permainan bola voli,” terang Joe Bermudez, pakar Korut dari 38 North, kelompok independen pemantau Korut yang berbasis di AS.

Lebih lanjut, Bermudez memberikan dua penjelasan, yakni tempat uji coba nuklir sedang dalam ‘mode standby‘ atau permainan voli sengaja dilakukan untuk membuat bingung para pengamat. Korut diduga menyadari bahwa tempat uji coba nuklir Punggye-ri terus diamati dunia.

“Itu menunjukkan bahwa fasilitas tersebut mungkin sedang dalam mode standby. Itu juga menunjukkan bahwa permainan bola voli ini dilakukan dengan Korut menyadari bahwa kita sedang mengamati dan melaporkannya. Mereka sedang mengirimkan pesan kepada kita bahwa mereka menempatkan fasilitas dalam mode standby, atau mereka berusaha mengelabui kita,” terangnya seperti dilansir AFP.

Punggye-ri merupakan kompleks infrastruktur uji coba dengan banyak terowongan yang terletak di kawasan pegunungan Korut bagian timur laut. Pekan lalu, 38 North menyebut tempat uji coba nuklir itu dalam keadaan ‘matang dan siap’ untuk menggelar uji coba nuklir ke-6. Diduga kuat, uji coba itu akan digelar saat Korut memperingati hari kelahiran pendiri negara mereka, Kim Il-Sung.

Namun ternyata hingga kini, uji coba nuklir tidak juga digelar. Korut hanya menggelar uji coba rudal pada Minggu (16/4), yang berujung kegagalan setelah rudal meledak di udara.

Otoritas Mesir menemukan 8 mumi dari dalam sebuah kuburan kuno berusia 3.500 tahun. Tidak hanya mumi, 10 sarkofagus penuh warna dan sejumlah besar arca kecil juga ditemukan dalam kuburan kuno itu.

Diumumkan oleh Kementerian Urusan Antik Mesir, seperti dilansir CNN, Rabu (19/4/2017), misi arkeologi Mesir menemukan kuburan kuno itu di area nekropolis Draa Abul Nagaa, dekat Luxor, Mesir bagian selatan. Nekropolis merupakan sebutan kuburan besar di sebuah kota kuno.

Ditemukan 8 Mumi di Kuburan Kuno Mesir Berumur 3.500 Tahun
Foto: AFP PHOTO/STRINGER

Kuburan kuno berbentuk huruf T itu merupakan bagian dari kota yang disebut Userhat dan memiliki ciri khas kuburan bangsawan Kerajaan Baru.

Tim arkeolog Mesir memindahkan puing sebanyak 450 meter kubik, hingga menemukan pintu masuk ke kuburan kuno itu. Ditemukan juga dua kuburan kuno yang saling terhubung.

Kementerian Urusan Antik Mesir menyebut, pekerjaan penggalian dilakukan secara penuh. “Demi mengungkap rahasia dua kuburan ini,” sebutnya.

Ditemukan 8 Mumi di Kuburan Kuno Mesir Berumur 3.500 Tahun
Foto: AFP PHOTO/STRINGER

Bilik bagian dalam pada bagian utama kuburan kuno itu menjadi lokasi koleksi sarkofagus atau peti batu dari Dinasti ke-21. Kementerian menyebut, sarkofagus itu ditemukan masih dalam kondisi baik. Ditemukan juga beberapa mumi yang terbungkus kain linen di dalam bilik itu.

Tim arkeolog juga menemukan arca penguburan berukuran kecil atau ushabti yang terbuat dari keramik berlapis, terakota dan kayu. Koleksi jambangan dari tanah liat juga ada di dalam bilik itu.

“Koleksi arca ushabti, topeng kayu dan pegangan tutup sarkofagus ditemukan dalam penggalian,” demikian disampaikan Kementerian Urusan Antik Mesir.

Ditemukan 8 Mumi di Kuburan Kuno Mesir Berumur 3.500 TahunFoto: AFP PHOTO/STRINGER

 

BACA JUGA : PROPAM DALAMI POLISI KOBOI PENEMBAK 1 KELUARGA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s