Deretan Berita Ekonomi Uni Eropa

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Perusahaan terus menambah pekerja untuk payrolls AS bulan Maret pada kecepatan yang solid, data dari ADP Research Institute di Roseland, New Jersey, menunjukkan hari Rabu.

Payroll swasta naik menjadi 263.000 (perkiraan sebesar 185.000) setelah revisi gain sebesar 245.000 keuntungan pada bulan Februari, kata ADP.

Perusahaan jasa Amerika meluas pada Maret di laju paling lambat dalam lima bulan terakhir, sehingga menambah tanda-tanda pertumbuhan ekonomi yang melesu pada kuartal pertama, sebuah survei oleh Institute for Supply Management menunjukkan pada hari Rabu.

ISM indeks non-manufaktur bergeser ke angka 55,2 (perkiraan adalah 57) dari Februari 57,6, yang merupakan tertinggi sejak tahun 2015; pembacaan di atas 50 menunjukkan pertumbuhan

Indeks aktivitas bisnis turun ke 58,9 dari 63,6

Indeks jasa ketenagakerjaan turun menjadi 51,6 bulan lalu, level terlemah sejak Agustus, dari 55,2 pada bulan sebelumnya

Penurunan Indeks jasa ketenagakerjaan juga merupakan indikator yang berpotensi negatif untuk laporan payrolls hari Jumat, yang diperkirakan Amerika akan menambahkan lapangan pekerjaan sebanyak 175K pada Maret setelah kenaikan di Februari sebesar 235K.

Indeks terpisah pada manufaktur mereda pada bulan Maret menjadi 57,2, menurut sebuah laporan yang dirilis Senin oleh Tempe ISM yang berbasis Arizona. Itu merupakan masih laju  pertumbuhan terkuat untuk manufaktur Amerika serta menunjukkan momentum dalam industri yang berusaha menjadi bagian yang lebih baik dari dua tahun terakhir.

Sektor jasa Inggris tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada bulan Maret seiring perusahaan menaikkan harga mereka pada laju tercepat dalam 8 1/2 tahun.

Momentum yang lebih baik dari perkiraan pada Indeks bulanan Purchasing Managers™ IHS Markit ini didampingi oleh pertumbuhan kuat di bisnis baru, meskipun perekrutan melambat.

Indeks kegiatan utama naik menjadi 55 dari 53,3 pada bulan Februari. Angka itu berada di atas level kunci 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi dan jauh lebih baik daripada yang diperkirakan oleh para ekonom sebesar 53,4.

PMI jasa mengikuti survei Markit minggu ini yang menunjukkan baik pertumbuhan manufaktur dan konstruksi melesu pada bulan Maret. Perusahaan mengatakan tiga laporan tersbut menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,4 persen pada kuartal pertama, yang akan menjadi yang terlemah dalam setahun.

Meskipun beberapa perusahaan mengutip ketidakpastian merupakan imbas dari Brexit seiring tertahannya investasi, kondisi ekonomi domestik yang kuat dan global mendukung penjualan dan perusahaan optimis tentang kinerja perusahaan di tahun depan.

Namun, Markit memperingatkan œtekanan biaya intens dalam laporan jasa dari seiring melemahnya pound dan laporan kenaikan tercepat dalam harga jual sejak 2008. Hal itu bisa menjadi bukti hambatan pada permintaan dan pertumbuhan di Inggris Raya.

œBanyak kekecewaan dalam pertumbuhan sepanjang tahun ini yang telah jelas terlihat dalam sektor berorientasi konsumen, sebagian terkait dengan pengeluaran dan pendapatan tertekan oleh harga yang lebih tinggi, kata Chris Williamson, ekonom bisnis utama di Markit.

Beberapa perusahaan mengatakan bahwa margin tertekan dan meningkatnya tagihan upah berarti mereka tidak mengganti staf yang berhenti, dengan tingkat penciptaan lapangan kerja berada di tingkat terlemah sejak Agustus.

Williamson mengatakan angka terbaru mendukung argumen bahwa Bank of England akan menjaga kebijakan tidak berubah seiring neraca Inggris berakslerasi dengan inflasi untuk menyokong permintaan setelah Inggris memulai perundingan resmi untuk keluar dari Uni Eropa pekan lalu.

 

BACA JUGA : Naiknya Bursa AS Karena Data ADP, Eropa Karena Saham Energi 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s