Saham Asia Bergerak Datar Terpicu RUU Kesehatan Trump

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Bursa saham Tokyo mengawali hari Senin di zona merah seiring menguatnya yen sementara saham Toshiba melonjak menyusul laporan permasalahan Unit nuklir AS mereka kemungkinan akan memulai proses restrukturisasi kebangkrutan akhir pekan ini.

Indeks acuan Nikkei 225 kehilangan 0,92 persen, atau 177,13 poin, ke level 19,085.40 di awal perdagangan, sedangkan indeks Topix turun 0,86 persen, atau 13,12 poin ke level 1,530.80.

Saham Asia bersiap memulai pekan ini dengan suasana penh kehati-hatian seiring kegagalan mengejutkan Presiden Donald Trump untuk meloloskan reformasi kesehatan menimbulkan kekhawatiran tentang prospek rencananya untuk menggunakan stimulus fiskal guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pasar keuangan terkejut Jumat lalu oleh ketidakmampuan Trump untuk mendapatkan cukup dukungan dalam undang-undang untuk “mencabut dan menggantikan” reformasi asuransi kesehatan Obamacare, yang merupakan salah satu janji utama Trump di kampanye pemilu 2016.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang bergerak dayar di awal perdagangan meskipun pasar saham Australia jatuh 0,9 persen pada pembukaan. Meningkatnya ketidakpastian kebijakan juga mengangkat kekhawatiran bahwa kebangkitan baru dalam bisnis dan sentimen konsumen, khususnya di Asia yang terlihat dari survei industri baru-baru, akan tergelincir pada saat valuasi pasar muncul melebar.

Greenback melemah di perdagangan Asia pada Senin pagi dengan gerakan awal  yang berlebihan dalam pasar yang sangat kurang aktif.

Dolar AS turun 0,8 persen terhadap yen pada satu tahap ke level 110,44.

Saham Hong Kong berbalik lebih rendah dalam beberapa menit pertama perdagangan Senin menyusul kegagalan Donald Trump untuk meloloskan bagian utama pertama dari undang-undang kesehatan sehingga mengangkat kekhawatiran tentang kemampuannya untuk meloloskan kebijakan kunci peningkatan-ekonomi.

Indeks Hang Seng melemah 0,50 persen, atau 122,58 poin, ke level 24,235.69.

Indeks Shanghai Composite bergerak datar, beringsut turun 0.53 poin ke level 3,268.92 sedangkan Shenzhen Composite Index, yang melacak saham di bursa kedua China, juga hampir tidak bergerak, merayap naik 0,28 poin ke level 2,047.02.

Euro lebih rendah terhadap Yen Jepang pada Senin.

EUR/JPY diperdagangkan pada 119,67, turun 0,47% pada waktu penulisan.

Pasangan ini kemungkinan akan menemui support pada 119,27, Kamis’terendah dan resistance pada 120,84, Rabu’tertinggi.

Sementara itu, Euro naik terhadap Dolar AS dan Pound Inggris, dengan EUR/USD bertambah 0,43% mencapai 1,0844 dan EUR/GBP meningkat 0,07% ke 0,8665.

 

 

BACA JUGA : Perubahan Index AS Tipis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s