Saham Asia Tergelincir Dan Hampir Menuju Titik Terendah

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Saham Hong Kong menjalani hari terburuk dalam hampir tiga bulan pada hari Kamis, dengan indeks utama ditutup di posisi 1 bulan terendah imbas penurunan di saham energi dan bahan baku.

Pasar, yang rebound sekitar 8 persen selama dua bulan pertama tahun ini, juga menderita oleh tekanan jual yang tumbuh seiring telah berkurangnya selera risiko menjelang kenaikan suku bunga AS yang secara luas diharapkan akan dilakukan minggu depan.

Indeks Hang Seng turun 1,2 persen, ke level 23,501.56, sedangkan Indeks China Enterprises kehilangan 1,8 persen, ke level 10,095.79 poin.

Semua sektor utama kehilangan pijakan, dengan saham energi berada di antara pemain terburuk, setelah harga minyak mentah menukik lebih dari 5 persen semalam pada lonjakan stok minyak AS.

Sektor bahan bak Hang Seng juga turun tajam, turun lebih dari 3 persen, meskipun indeks harga produsen China (PPI) melompat 7,8 persen pada bulan Februari dari tahun sebelumnya.

NAmun, beberapa investor masih tetap bullish pada ekuitas Hong Kong dalam jangka panjang, mengutipkan pemulihan ekonomi China yang didorong oleh membaiknya faktor fundamental.

Bursa saham Tokyo menguat diiringi pelemahan yen setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengakui bahwa pemulihan siklus di kawasan euro mungkin mendapatkan momentum.

Eksportir Jepang naik setelah mata uang lokal jatuh ke level 115 terhadap dolar untuk pertama kalinya sejak akhir Januari. Saham keuangan melonjak karena imbal hasil jangka panjang global yang naik. Draghi mengatakan risiko penurunan ekonomi wilayah euro yang kurang jelas, bahkan sementara bersikeras untuk stimulus moneter harus berlanjut.

Indeks Topix naik 1 % ke level 1,570.82 pada pukul 09:30 pagi waktu Tokyo. Indeks Nikkei 225 menguat 1,2 % ke level 19,553.83.

Sementara itu, Yen turun 0,2 % ke level 115,20 terhadap dolar.

 

 

BACA JUGA : Report Pengangguran Buat Saham AS Tertekan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s