Saham Asia Sedikit Naik

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang, Indeks harga produsen China melonjak di laju tercepat sejak 2008, melanjutkan peningkatan prospek reflation global.

Indeks harga produsen naik 7,8 persen pada bulan lalu dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan estimasi rata-rata dari 7,7 persen dalam survei Bloomberg dan kenaikan 6,9 persen pada bulan sebelumnya. Indeks harga pabrik hanya berayun dari 4 1/2 tahun terhadap deflasi pada bulan September.

Indeks harga konsumen meningkat 0,8 persen dibandingkan dengan kenaikan 1,7 persen yang diperkirakan oleh analis. Data tidak sesuai dengan perkiraan karena liburan Tahun Baru China selama sepekan, yang dimulai pada bulan Februari tahun lalu, sedangkan jatuh pada akhir Januari tahun ini, ketika data CPI naik 2,5 persen ke level 2 1/2 tahun tertinggi.

China mengangkat prospek harga global seiring penguatan inflasi produser dan meningkatnya permintaan untuk harga bahan bakar komoditas. Namun, ekonom melihat kekuatan seperti moderasi sebagai perbandingan dari tahun sebelumnya mulai naik dan membatasi kebijakan untuk menahan pasar properti.

Bursa saham Tokyo dibuka lebih tinggi pada hari Kamis dengan pelemahan yen memacu peningkatan sektor eksportir sementara harga minyak membebani perusahaan energi.

Indeks acuan Nikkei 225 naik 0,43 persen atau 81,89 poin, ke level 19,335.92 dalam beberapa menit pertama perdagangan sedangkan Indeks Topix dari semua sektor utama menguat 0,34 persen atau 5,32 poin ke level 1,555.5.

Laporan pekerjaan sektor swasta AS yang lebih baik dari ekspektasi telah mendorong harapan kenaikan suku bunga Federal Reserve bulan ini. Sehingga membantu USDJPY diperdagangkan 0,1% lebih tinggi di 114.45 pada awal sesi Asia hari Kamis, setelah sempat menyentuh level tertinggi di 114.58.

Laporan ADP semalam menunjukkan sektor swasta AS menambah 298.000 pekerjaan di bulan Februari, kenaikan terbesar sejak Desember 2015. Laporan ADP yang solid tersebut turut mendorong imbal hasil Treasury AS ke level tertinggi sejak Desember.

Namun kenaikan USDJPY kemungkinan masih akan terbatas seiring ketegangan geopolitik di semenanjung Korea terus menopang permintaan untuk aset safe haven. Pengumuman kebijakan European Central Bank nanti malam dan data Non Farm Payrolls besok juga menjadi faktor yang membatasi sentimen pasar global hari ini.

 

BACA JUGA : Saham AS Berjuang untuk Merangkak Naik 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s