HK Naik Disesi Pembukaan, Eropa Jatuh

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Bursa saham Tokyo dibuka lebih rendah pada hari Selasa dengan investor dihantui oleh ketidakpastian politik global dan bersikap hati-hati sebelum rilis data pekerjaan utama AS pada akhir pekan ini.

Indeks acuan Nikkei 225 turun 0,28 persen atau 54,00 poin, ke level 19,325.14 dalam beberapa menit pertama perdagangan, sedangkan Indeks Topix dari semua sektor utama melemah 0,12 persen atau 1,94 poin, ke level 1,552.96.

Bursa saham Hong Kong pada Selasa ini memperpanjang kenaikan dari hari sebelumnya tetapi perdagangan diredam setelah kerugian di pasar AS dan Eropa.

Indeks Hang Seng naik 0,14 persen atau 33,42 poin, menjadi berakhir pada level 23,629.70.

Dan Indeks Shanghai Composite sedikit lebih rendah, turun tipis 0,78 poin ke level 3,233.09 tetapi Indeks Shenzhen Composite, yang melacak saham di bursa kedua China, sedikit lebih tinggi, naik tipis 0,64 poin ke level 2,026.18.

Saham Eropa terserat lebih rendah seiring merosotnya harga logam, sementara investor menimbang prospek pertumbuhan untuk laporan China dan Janet Yellen pada tingkat suku bunga. Ketegangan geopolitik meningkat di Asia sehingga melambungkan yen.

Stoxx Europe 600 turun 0,6 persen pada pukul 08:25 pagi waktu London, dengan Anglo American Plc turun 1,5 persen. MSCI Asia Pacific Index naik 0,4 persen, India Sensex menguat 0,5 persen untuk diperdagangkan di dekat level tertinggi sejak September.

Indeks Stoxx Europe 600 turun menyusul penurunan tembaga, seng dan aluminium membebani saham penambang. Topix Jepang dan saham berjangka AS bergerak lebih rendah seiring Jepang bergerak ke kemungkinan tingkat siaga tertinggi setelah Korea Utara menembakkan empat rudal balistik ke perairan di dekat negara tersebut. Saham di Hong Kong dan Shanghai menguat. Obligasi 10-tahun Treasury AS turun setelah naik selama lima hari berturut-turut dan minyak melemah.

Provokasi terbaru dari rezim Kim Jong Un ini datang seiring Korea Selatan dan AS melakukan latihan militer tahunan yang Pyongyang sebut sebagai awal untuk invasi. Ketegangan meningkat terhadap Korea Utara, yang juga melakukan uji coba rudal selama kunjungan kenegaraan Abe ke AS bulan lalu dan diduga berada di balik pembunuhan saudara tiri pemimpinnya di Malaysia.

Indeks saham berjangka AS menunjuk ke arah pembukaan lebih rendah pada hari Senin karena para pedagang fokus pada data ekonomi terbaru menjelang kemungkinan kenaikan suku bunga AS pada bulan ini.

Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga bulan Maret telah naik sebesar 81 persen, menurut FedWatch CME Group, di belakang retorika hawkish dan data ekonomi yang solid. Pertemuan Federal Open Market Committee dijadwalkan pada tanggal 14-15 Maret.

Di depan data hari Senin akan melihat pesanan pabrik untuk bulan Januari yang dirilis pada pukul 10.00 pagi waktu setempat.

S&P 500 jatuh 0,27% ke 2.374,75. Dow Jones melemah 0,13% ke 20953. Nasdaq turun 0,20% ke 5.361,75.

Baca juga : Saham Asia Melambung Terkait Optimisme Cina

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s