Emas Menghijau Tipis Diawal Pekan

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Emas berjangka pada Jumat ini berakhir lebih rendah setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa bank sentral kemungkinan akan mengumumkan kenaikan suku bunga pada pertemuan akhir bulan ini jika data tenaga kerja dan inflasi terus memenuhi ekspektasi.

Harga emas telah menurun di masing-masing tiga sesi terakhir seiring pejabat The Fed lainnya mengisyaratkan kenaikan suku bunga mendatang. Emas untuk pengiriman April turun $ 6,40 atau 0,5 %, untuk menetap di level $ 1,226.50 per ons. Harga emas anjlok sekitar 2,5 % untuk minggu ini dan berakhir pada 2 ½ pekan terendah.

Emas stabil karena investor mengkaji kenaikan suku bunga AS yang diharapkan pada bulan Maret terhadap laporan Senin ini bahwa Korea Utara meluncurkan rudal balistik.

Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah berada di level $ 1,235.10 / oz pada pukul 8:38 pagi waktu Singapura: menurut harga dari Bloomberg.

Harga emas sedikit terdorong naik di awal sesi Asia pada hari Senin dengan rilis perkiraan pertumbuhan dapat membantu sentimen China.

Emas untuk pengiriman April naik tipis 0,03% di $1,234.90 per troy ounce di divisi Comex Bursa Perdagangan New York. Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak turun 0,23% menjadi $17,957 per troy ounce, sementara tembaga berjangka turun 0,22% menjadi $2,702 per pon.

Pada hari Kamis, Bank Sentral Eropa bertemu dan akan memberikan sinyal baru arah masa depan program stimulus.

Pada akhir pekan, China Premier Li Keqiang memetakan jalur ekonomi China yang hati-hati, menghasilkan penurunan yang moderat dalam pertumbuhan untuk membiarkan pemerintah mengendalikan pembengkakan risiko keuangan dan memastikan pergantian kecil dalam kepemimpinan politik tahun ini dengan target perekenonian kedua di dunia itu – peningkatan PDB terbesar sekitar 6,5% untuk tahun 2017, pengaturan ulang kecil dari jarak tahun lalu sebesar 6,5% hingga 7% dan tidak jauh dari pertumbuhan aktual sebanyak 6,7% pada tahun 2016, laju paling lambat selama seperempat abad.

Li juga mengatakan Beijing bertujuan menjaga inflasi harga konsumen di bawah 3% pada tahun 2017, tidak berubah dari tujuan tahun lalu. Indeks harga konsumen China naik 2,0% pada tahun 2016 dari tahun sebelumnya.

Pekan lalu, harga emas jatuh pada hari Jumat dan membukukan kerugian mingguan terbesar sepanjang tahun 2017 ditengah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan ini.

Ketua Fed Janet Yellen mengatakan Jumat bahwa kenaikan suku bunga “mungkin akan sesuai” di bulan ini jika perekonomian tetap dalam jalur. Pernyataan itu memperkuat pandangan bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga pada pertemuan berikutnya pada tanggal 14-15 Maret, menyusul serangkaian komentar hawkish oleh pembuat kebijakan Fed awal pekan ini.

Hampir 80% pedagang mengharapkan kenaikan suku bunga pada pertemuan Fed bulan Maret, dibandingkan dengan hanya lebih dari 60% pada hari Rabu, menurut Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com.

Suku bunga yang lebih tinggi biasanya menekan rendah harga emas, yang dihargai dalam mata uang dolar dan berjuang untuk bersaing dengan aset terkait imbal hasil ketika biaya pinjaman meningkat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s