Emas Mulai Memudar Kamis Kemarin Dan Hari Ini Dibuka Dilevel Terendah

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Emas berjangka pada hari Kamis ini berada di jalur untuk penurunan untuk sesi ketiga karena meningkatnya ekspektasi untuk kenaikan suku bunga, secepatnya pada pertengahan Maret, dan terus optimis bahwa pertumbuhan ekonomi global dapat mengurangi daya tarik logam mulia.

Emas untuk pengiriman April, -0,82% jatuh $ 10,80, atau 0,9%, menjadi $ 1,239.40 per ons, mendorong logam menedekati penutupan terendah sejak 22 Februari, menurut data FactSet.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Mei, -0,88% merosot 15 sen, atau 0,8%, pada $ 18,34 per ons.

Sementara itu, emas ETF juga jatuh. SPDR Gold Trust, -1,04% turun 0,8%, VanEck Vektor Gold Miners ETF, -1,78% turun 1,6%, sedangkan iShares Silver Trust, -0,52% diperdagangkan 0,4% lebih rendah.

Pada hari Kamis ini Indeks ICE AS Dollar, naik 0,37% diperdagangkan di level 102,0500, yang mendekati level tertingginya sejak 4 Jan lalu.

Emas berjangka pada hari Kamis berakhir di level terendahnya dalam lebih dari dua minggu terakhir, tertekan oleh meningkatnya harapan untuk kenaikan suku bunga AS pada bulan ini dan penguatan dalam mata uang dolar, yang meredakan permintaan untuk investasi logam.

Indeks ICE Dollar AS berada di level tertingginya dalam dua bulan. Emas untuk bulan April turun $ 17,10 atau 1,4 %, untuk menetap di level $ 1,232.90 per ons. Itu adalah penutupan di level terendah untuk kontrak teraktif sejak Hari Valentine, menurut data FactSet.

Harga emas pertahankan penguatan pada hari Jumat setelah jatuh lebih dari satu persen pada sesi sebelumnya, tapi emas berada di jalur untuk penurunan pertamanya dalam lima minggu dan level terlemah sejak Desember terhadap ekspektasi kenaikan suku bunga AS Federal Reserve pada bulan Maret.

Spot emas sebagian besar tidak berubah di level $ 1.234 per ons pada pukul 00:48 GMT. Logam telah mengalami sesi terburuk sejak 15 Desember pada hari Kamis kemarin, ketika turun 1 persen untuk menyentuh lebih dari satu minggu terendah di $ 1,230.58.

Emas berjangka AS naik 0,2 persen menjadi $ 1,234.90. Indeks dolar turun 0,1 persen menjadi 102,070.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran jatuh ke dekat 44 tahun terendah pada minggu lalu, menunjuk ke pengetatan lebih lanjut dari pasar tenaga kerja bahkan saat pertumbuhan ekonomi tampaknya tetap moderat pada kuartal pertama.

Lonjakan dalam bisnis dan kepercayaan konsumen selama minggu pertama Presiden Donald Trump memimpin telah membantu mendorong Federal Reserve menuju seri berkelanjutan pertama dari kenaikan suku bunga di lebih dari satu dekade, meskipun adanya kelangkaan kebijakan yang tegas dari pemerintah.

Bank Sentral Eropa akan tetap berada di belakang hingga pemilu mendatang di negara-negara utama Eropa dan hanya mungkin untuk memberi sinyal pergeseran dari kebijakan moneter ultra-easy pada akhir tahun ini atau awal tahun depan, menurut jajak pendapat Reuters.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, ETF berbasis emas, naik 0,21 persen menjadi 845,32 ton pada hari Kamis dari hari Rabu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s