Emas Merosot Pada Perdagangan Sesi Asia

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, Futures emas untuk penyerahan April diperdagangkan pada USD1.246,95 per troy ons pada waktu penulisan, menurun 0,24%.

Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan sesi rendah USD per troy ons. Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD1.236,90 dan resistance pada USD1.263,10.

Indeks Dolar AS Berjangka yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, naik 0,17% dan diperdagangkan pada USD101,91.

Sementara itu di Comex, Perak untuk penyerahan Mei jatuh 0,36% dan diperdagangkan pada USD18,422 per troy ons sedangkan Tembaga untuk penyerahan Mei jatuh 0,07% dan diperdagangkan pada USD2,733 per pon.

Emas turun karena probabilitas kenaikan suku bunga AS di bulan Maret melonjak terkait komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve, dan karena ekuitas mengalami reli ke level tertinggi sepanjang masa.

Bullion untuk pengiriman segera turun 0.3% menjadi $ 1,245.81 per ons, dan diperdagangkan di $ 1,246.58 pada pukul 12:14 siang di Singapura, menurut Bloomberg.

Sementara emas berakhir sedikit berubah pada perdagangan hari Rabu, harga intraday turun 0,9% ke $ 1,237.01, terendah sejak 23 Februari.

Gubernur The Fed Lael Brainard mengulas gambaran positif dari perekonomian di dalam negeri dan di luar negeri yang mendukung kasus untuk kenaikan suku bunga “segera.” Hal itu disampaikan setelah komentar hawkish dari Ketua The Fed New York William Dudley, dan San Francisco Fed John Williams.

Harga emas turun di sesi Asia, Kamis (2/3) dengan investor mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga di bulan ini, meskipun sentimen masih beragam dengan banyak yang mengatakan bank sentral dapat menunggu satu atau dua bulan untuk kejelasan lebih lanjut mengenai rencana ekonomi Presiden Donald Trump.

Emas untuk pengiriman Mei di divisi Comex Bursa Perdagangan New York turun 0,26% menjadi $1,246.75 per troy ounce, sementara tembaga berjangka naik 0,29% ke $2,739 per pon karena investor menunggu perkembangan lebih lanjut dua tambang tembaga besar di Chili dan Indonesia untuk menghentikan operasi dalam masalah regulasi dan pekerja.

Semalam, emas berjangka merosot, karena dolar yang menguat setelah komentar hawkish beberapa pejabat Federal Reserve menaikkan ekspektasi kenaikan suku bunga di bulan Maret.

Emas memulai sesi akibat ditekan oleh lonjakan dolar, setelah komentar hawkish dari Presiden Fed Williams, Dudley dan Harker, Selasa tentang kemungkinan kenaikan suku bunga di bulan Maret.

Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker memicu harapan kenaikan suku bunga bulan Maret pada hari Selasa, ketika ia menegaskan pandangannya bahwa ia mengharapkan bank sentral untuk menaikkan suku bunga AS tiga kali tahun ini selama perekonomian terus menguat.

Presiden Fed New York William Dudley mengatakan ia melihat kenaikan suku bunga di “masa depan yang relatif dekat”, komentar yang menggema dari Presiden Federal Reserve San Francisco John Williams, yang menyarankan bahwa bank sentral harus menaikkan suku bunga untuk menghindari perekonomian yang ‘terlalu panas’ yang pada akhirnya tidak berlanjut.

Berdasarkan perangkat monitor suku bunga Fed investing.com, lebih dari 60% pedagang mengharapkan kenaikan suku bunga pada bulan Maret, dibandingkan dengan lebih dari 30 persen pada Selasa. Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memilki aset non-unggulan seperti emas batangan, sementara meningkatkan dolar di dalam harganya.

Sementara itu data ekonomi yang beragam juga dipantau oleh investor, setelah Manufaktur Februari mengalahkan ekspektasi, sementara belanja pembangunan Januari AS lebih lemah dari yang diharapkan.

Indeks manufaktur ISM Februari naik menjadi 57,7, yang mengalahkan ekspektasi pembacaan 56,0 sementara belanja konstruksi AS turun 1 persen pada bulan Januari, jauh di bawah ekspektasi kenaikan 0,6%.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s