Pergerakan Emas Yang Stabil Karena Dampak Komentar Pejabat Fed Mester, Dollar Naik

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Harga emas pada hari Selasa menetap di dekat break-even levels, membingungkan beberapa pelaku pasar karena komoditas memangkas kerugian di awal sesi, bahkan ekuitas AS naik dan dolar menguat.

Emas berjangka untuk pengiriman April berakhir turun 20 sen, atau kurang dari 0,1%, di $ 1,238.90 per ons. Beberapa pelaku pasar dihubungkan dengan penutupan terkuat untuk emas, yang diperdagangkan serendahnya di $ 1,226.80 selama sesi, untuk meningkatkan kekhawatiran tentang hasil pemilu Eropa yang menunjukkan munculnya calon anti kemapanan dari sayap kanan Prancis seperti Marine Le Pen.

Emas mungkin telah menggambarkan beberapa tawaran haven akibat kekhawatiran tentang geopolitik yang bisa membuktikan mengganggu zona Eropa dan mata uang  euro. Sementara itu, dolar, yang diukur dengan ICE AS Dollar Index naik 0,5% ke level 101,4000. Dolar yang lebih kuat biasanya adalah headwind untuk emas dan aset lainnya dalam mata uang, yang dapat menjadi kurang menarik bagi pembeli yang menggunakan unit moneter lainnya.

Emas stabil seiring investor menilai komentar dari pejabat Federal Reserve AS pada prospek suku bunga sebelum rilis laporan dari pertemuan pengaturan kebijakan terbaru.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan 0,1% lebih tinggi di level $ 1,237.20 / oz pada pukul 09:53 pagi waktu Singapura setelah kehilangan 0,2% pada hari Selasa harga publik Bloomberg menunjukkan.

Risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal 31 Januari – 1 Februari lalu dijadwalkan untuk dirilis hari Rabu pukul 14:00 waktu Washington.

Laporan dari pertemuan Fed sebelumnya mungkin menunjukkan kepercayaan yang lebih besar dalam outlook inflasi dan perdebatan terhadap opsi untuk melepaskan portofolio obligasi besar bank sentral AS ini, dan juga diskusi mengenai waktu berikutnya kenaikan suku bunga. Odds untuk pengetatan kebijakan pada pertemuan 14-15 Maret terlihat di 36% menurut dana berjangka Fed.

Pada logam mulia lainnya, spot perak menguat 0,3%, platinum bergerak datar sementara paladium menguat 0,2%.

Dolar AS secara luas naik, berada di jalur untuk kenaikan tertajam terhadap euro dalam dua minggu terakhir setelah komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve, dan didorong oleh ketidakpastian politik di Eropa.

Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan Senin bahwa ia akan nayman untuk meningkatkan suku bunga pada saat ini jika ekonomi nanpu mempertahankan kinerja saat ini, sementara Market News International mengutip Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker yang mengatakan bahwa kenaikan Maret bisa dilakukan.

Investor juga menunggu pernyataan lainnya dari Fed Dewan Gubernur Jerome Powell, Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart dan Dallas Fed Presiden Robert Kaplan minggu ini.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, terakhir naik 0,4 persen menjadi 101,370 setelah menyentuh posisi 6 hari tertinggi di posisi 101,600 sebelumnya.

Terhadap yen, dolar naik 0,5 persen ke level 113,61 ¥, berada di jalur untuk kenaikan terbesar satu hari terhadap mata uang Jepang dalam delapan hari belakangan.

Euro jatuh 0,8 persen ke level terendah enam hari di level$ 1,0526 di tengah kekhawatiran retorika anti-Uni Eropa dari kandidat presiden Prancis Marine Le Pen dan calon Belanda Geert Wilders menjelang putaran pertama pemilihan Perancis pada 23 April, Mata uang juga tertekan oleh pemilihan parlemen Belanda 15 Maret nanti dan pernyataan Fed yang hawkish.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s