Kondisi EUR Pada Saat ini, Berimbas Ke Yen

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang, Pasangan mata uang EURUSD melemah ke level 1.0580 pada awal perdagangan hari Selasa, tertekan potensi terganggunya status quo akibat pemilu Presiden Perancis, seiring meningkatnya sentimen anti Uni Eropa. Pelaku pasar mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejutan politik di Prancis, berkaca dari Brexit dan pemilu AS tahun lalu.  

Hasil jajak pendapat yang menunjukkan ketatnya perolehan suara antar kandidat membuat  pelaku pasar beralih ke aset yang lebih aman seperti obligasi.

Ayako Sera, analis pasar di Sumitomo Mitsui Trust Bank mengatakan para pelaku pasar telah belajar dari kejutan politik tahun lalu, dan kemungkinan tidak akan mengambil resiko besar. Kurs euro kemungkinan masih tertekan sampai pemilu berlangsung.

Putaran pertama pemilihan Presiden Perancis di jadwalkan tanggal 23 April, dan putaran kedua akan berlasung pada 7 Mei.

Laporan neraca perdagangan Jepang menunjukkan defisit perdagangan lebih besar dari yang diperkirakan sehingga melemahkan yen di seluruh papan perdagangan Senin ini. USDJPY kini menembus level 113, tepatnya 113.16 atau menguat 0.37% (42 pip) dari level penutupan akhir pekan.

Pemerintah Jepang melaporkan bahwa nilai ekspor naik 1.3% di bulan Januari, di bawah ekspektasi untuk kenaikan 4.7%, sementara itu untuk nilai impor melonjak 8.5%, lebih tinggi dari perkiraan untuk kenaikan 4.7% sehingga menyebabkan defisit perdagangan sebesar 1.087 triliun yen ($9.66 miliar), dibandingkan dengan ekspektasi untuk selisih 637 miliar yen.

 Hari ini, tidak ada data ekonomi yang signifikan. Namun, data lapis kedua di Jerman yaitu angka PPI dan CBI Industrial Order Expectations di Inggris akan dirilis di sesi Eropa. Selain itu, akan ada laporan ekonomi bulanan bank sentral Jerman, Bundesbank. Sesi di Amerika Serikat ditiadakan karena adanya libur President Day.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s