Review Tentang Laptop Lengkung Yang Baru Release

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Sebuah paten di bidang teknologi selalu menarik, meski tidak selalu terwujud dalam produk jadi. Setidaknya, kita bisa melihat inovasi apa yang disiapkan sebuah perusahaan teknologi, salah satunya seperti paten terbaru milik Intel ini. Dikutip dari The Next Web, Senin (6/2/2017), Intel berencana membuat sebuah laptop hybrid 2 in 1 yang punya bentuk unik, yakni melengkung pada bagian layarnya. Dalam patennya, Intel menggambarkannya sebagai ‘perangkat elektronik yang bisa dilepas-pasang dengan layar lengkung’.

Jika melihat dari sketsanya memang terlihat menarik. Desain layar yang melengkung dipasangkan dengan keyboard yang juga dibuat mengikuti bentuk layar. Namun tidak dijelaskan apa fungsi desain ini bagi pengguna.

Ketika tidak menggunakan keyboard, laptop ini bisa berfungsi sebagai tablet. Rasanya mungkin akan agak aneh menggunakan laptop dengan layar yang melengkung. Sayangnya, belum ada penjelasan lebih detail mengenai paten tersebut.

Yang jelas, mengingat ini adalah pertama kalinya Intel memasuki pasar perangkat 2 in 1, Intel sepertinya akan menggunakan prosesor generasinya teranyarnya untuk membedakannya dari perangkat hybrid yang sudah ada di pasaran.

Namun perlu diingat kalau yang namanya paten belum tentu akan direalisasikan menjadi produk yang sebenarnya. Jadi, kita nantikan saja.

Siapa dapat menyangka jika sebuah kejutan datang dari Acer dari ajang IFA 2016 di Berlin-Jerman. Kejutan tersebut tidak lain adalah diperkenalkanya produk Acer Predator 21X dimana notebook/laptop ini telah dilengkapi layar lengkung (curved screen) dengan ukuran 21 inci. Mungkin Acer Predator 21X menjadi notebook/laptop pertama dan satu-satunya yang telah dilengkapi curved screen seperti umum dijumpai pada perangkat televisi atau monitor. Tidak hanya itu, kami sendiri sulit membayangkan ukuran notebook/laptop gaming ini dengan ukuran layar 21 inci. Tampaknya akan lebih tepat menyebut Acer Predator 21X sebagai desktop replacement daripada sebuah notebook/laptop.

Layar lengkung tersebut memiliki resolusi gambar 2560 x 1080 piksel ultrawide. Menariknya, layar tersebut telah dilengkapi teknologi dynamic refresh rate NVIDIA G-SYNC sehingga pengalaman bermain game semakin sempurna berkat hilangnya gejala image tearing, input lag, dan stuttering. Acer Predator 21X juga dilengkapi teknologi eye tracking dari Tobii yang memungkinkan suatu perintah pada game dikontrol dengan menggunakan pergerakan mata.

Perangkat input Acer Predator 21X mengandalkan keyboard mekanik dengan switch Cherry MX dengan lampu LED RGB untuk setiap tombol. Pada sisi sebelah kiri keybaord terlihat deretan tombol macro untuk akses perintah tertentu dengan cepat. Menariknya, pada sisi kanan keyboard ditempatkan sebuah modul khusus untuk tombol numeric pad dan touchpad. Modul tersebut dapat dilepas dimana pengguna dapat memilih antara dua sisi apakah akan menggunakan touchpad atau tombol numeric pad.

Ditenagai prosesor Core i 7th Generation K Series yang dikombinasikan dengan dua graphics card GeForce GTX 1080 8 GB GDDR5X pada konfigurasi NVIDIA SLI, Acer Predator 21X dipastikan siap “memangsa” berbagai game 3D modern saat ini ataupun masa depan. Menghadirkan kenyamanan bermain terbaik pada tingkat kualitas visual maksimal bukan menjadi tantangan berarti bagi sistem gaming “monster” ini. Untuk kapasitas memori/RAM, notebook/laptop ini seharusnya sanggup menampung hingga 64 GB seperti halnya platform Skylake. Mengingat varian prosesor performa tinggi Core i 7th Generation baru dirilis awal tahun depan, tampaknya Acer Predator 21X baru akan memasuki pasaran paling cepat pada Januari 2017.

Menjinakkan prosesor dan graphics card performa tinggi memang bukan perkara mudah. Oleh karena itu tidak aneh jika sistem pendingin Acer Predator 21X akan dilengkapi lima buah kipas tipe blower. Komponen heatpipe dalam jumlah melimpah juga digunakan untuk memastikan transfer panas secara maksimal.

Sistem pembuangan panas Acer Predator 21X diposisikan pada sisi belakang notebook/laptop dan samping kanan kiri. Terlihat sejumlah konektor ditempatkan pada sisi ini.

Untuk saat ini belum diketahui berapakah harga jual notebook/laptop gaming super ini dan apakah akan masuk pasar Indonesia. Akan tetapi jika masuk ke pasar Indonesia, dugaan khttps://www.google.co.id/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fassets.kompas.com%2Fdata%2Fphoto%2F2016%2F11%2F02%2F1826255predator-21x780x390.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Ftekno.kompas.com%2Fread%2F2017%2F01%2F04%2F14260097%2Flaptop.acer.predator.21x.dijual.seharga.mobil&docid=g2gh5Zr4hGi9HM&tbnid=0X6_m0c-H2Y3vM%3A&vet=1&w=780&h=390&bih=658&biw=1366&q=acer%20predator%2021x&ved=0ahUKEwiq8vXf8_rRAhXBRI8KHZNXDgMQMwhbKDYwNg&iact=mrc&uact=8ami harganya akan berada di atas 75 juta rupiah, mungkin saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s