Emas Meroket Karena Dampak Trump,Iran Dan Tembaga

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang, Harga emas naik pada hari Kamis di sesi Asia dengan ketegangan antara Iran dan AS, selama uji coba rudal balistik oleh Teheran pekan ini dan bahkan Presiden Donald Trump menghubungi langsung para pemimpin dunia serta perhatian beralih kepada kemungkinan pemogokan kerja sebuah tambang tembaga terbesar dunia di Chili.

Penasihat Keamanan Nasional AS Michael Flynn mengatakan Rabu malam Gedung Putih telah menempatkan Iran “on notice” selama uji coba rudal, meningkatkan kekhawatiran atas langkah-langkah AS yang dapat diambil. Kemudian, Trump men-twit bahwa Iran telah merebut kekuasaan di negara tetangga Irak.

“Iran dengan cepat mengambil alih lebih dan lebih banyak dari Irak bahkan setelah AS telah menyia-nyiakan tiga trilyun dolar di sana. Jelas sangat lama!”

Emas Berjangka untuk pengiriman April di divisi Comex Bursa Perdagangan New York naik 0,74% menjadi $1,217.35 per troy ounce. Di tempat lain dalam perdagangan logam, tembaga berjangka naik 0,33% ke $2,221 per pon dengan investor memantau perkembangan seputar ancaman pemogokan pekerja Chili di tambang terbesar di dunia itu.

Semalam, harga emas turun sedikit di AS dengan investor mencatat bahasa yang optimis Fed dalam ulasan kebijakan kenaikan suku bunga memberikan sinyal terbaru tetap berada di jalur.

Federal Reserve mempertahankan suku bunganya yang diharapkan secara luas pada Rabu malam waktu setempat, tapi optimis terhadap prospek ekonomi dalam menjaga target suku bunga pinjaman acuan pada 0,5% menjadi 0,75% menyusul kenaikan 25 basis poin di bulan Desember.

“Ukuran dari konsumen dan sentimen usaha telah membaik akhir-akhir ini,” kata komite dalam pernyataan, menggunakan bahasa baru yang sesuai dengan suara-suara di Wall Street menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai presiden.

“Keuntungan pekerjaan masih solid dan tingkat pengangguran tetap berada di dekat level terendah baru-baru ini,” kata pernyataan itu, yang mencerminkan hanya perubahan kecil dari bahasa pada pertemuan Desember tahun lalu.

Serta, perusahaan pemroses upah ADP mengatakan pekerjaan swasta nonpertanian naik 246.000 bulan lalu, melampaui perkiraan peningkatan 165.000.

Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, Futures emas untuk penyerahan April diperdagangkan pada USD1.217,70 per troy ons pada waktu penulisan, meningkat 0,78%.

Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan sesi tinggi USD per troy ons. Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD1.187,10 dan resistance pada USD1.218,75.

Indeks Dolar AS yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, jatuh 0,22% dan diperdagangkan pada USD99,47.

Sementara itu di Comex, Perak untuk penyerahan Maret naik 1,01% dan diperdagangkan pada USD17,627 per troy ons sedangkan Tembaga untuk penyerahan Maret naik 0,29% dan diperdagangkan pada USD2,720 per pon.

Emas naik untuk keempat kalinya dalam lima sesi terakhir setelah Federal Reserve menetapkan tingkat suku bunga acuan tidak berubah pada hari Rabu, sementara memberikan investor alasan untuk mengubah pandangan tentang kemungkinan langkah pengetatan selanjutnya di tahun 2017.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,3 % ke level $ 1,213.99 / oz dan diperdagangkan di level $ 1,213.23 pada pukul 10:33 pagi waktu Singapura: menurut harga dari Bloomberg.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s