Kebijakan Ekonomi Yang Masih Tidak Jelas, Menopang Emas Pada Sesi Siang

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Harga emas diperdagangkan cukup stabil pada awal sesi hari, bertahan di kisaran $1196, ditopang oleh ketidakpastian politik akibat kebijakan dari Donald Trump untuk melarang kedatangan warga dari 7 negara muslim, dan pidato di Eropa.

Volume perdagangan diperkirakan masih tipis, mengingat sejumlah pasar negara di Asia masih diliburkan menyambut Tahun Baru Imlek, dan investor juga nampak waspada menantikan dimulainya pertemuan kebijakan 2-harian Federal Reserve hari Selasa malam nanti.

Kebijakan imigrasi dari Donald Trump AS tidak hanya menuai berbagai kecaman dari dalam maupun luar negeri, namun juga menimbulkan kecemasan mengenai iklim investasi di AS, membuat investor beralih menuju aset safe haven seperti emas.

Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, Futures emas untuk penyerahan April diperdagangkan pada USD1.204,25 per troy ons pada waktu penulisan, meningkat 0,69%.

Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan sesi tinggi USD per troy ons. Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD1.185,60 dan resistance pada USD1.204,25.

Indeks Dolar AS yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, jatuh 0,10% dan diperdagangkan pada USD100,32.

Sementara itu di Comex, Perak untuk penyerahan Maret naik 0,38% dan diperdagangkan pada USD17,218 per troy ons sedangkan Tembaga untuk penyerahan Maret jatuh 0,22% dan diperdagangkan pada USD2,663 per pon.

Emas menguat di sesi perdagangan AS Senin (30/1/2017), kondisi geopolitik membuat permintaan akan aset safe haven seperti emas meningkat. Meski demikian volume perdagangan lebih rendah dari biasanya akibat libur Imlek di beberapa negara Asia.

Presiden Trump dalam perintah eksekutifnya melarang warga dari 7 negara mayoritas Muslim masuk ke AS. Kebijakan tersebut langsung menuai kecaman dari berbagai pihak serta memicu demonstrasi di AS.

Selain itu International Monetary Fund (IMF) memprediksi hutang Yunani akan melonjak tajam di tahun 2030, bahkan hingga beberapa kali lipat dari produk domestik bruto yang dihasilkan. Lonjakan hutang tersebut diperkirakan akibat kegagalan Yunani melakukan reformasi.

Penguatan emas sepertinya masih akan sulit untuk berlanjut meliihat data dari CFTC yang menunjukkan penurunan posisi long emas setelah naik dua pekan beruntun. pelaku pasar juga menanti rapat kebijakan moneter Federal Reserve di pekan ini.

Emas pada pukul 22.42 WIB diperdagangkan dikisaran 1196.10 setelah sempat menyentuh level tertinggi harian 1198.71.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s