Penguatan Saham Asia Masih Berlanjut Hingga Siang Ini

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang, Bursa saham Tokyo naik pada Kamis pagi setelah Dow Jones Industrial Average menduduki level 20.000 untuk pertama kalinya terhadap harapan dari rencana ekonomi Presiden AS Donald Trump.

Indeks Nikkei 225 naik 1,44 persen, atau 275,34 poin, ke 19,332.84 pada istirahat perdagangan, sedangkan Indeks Topix naik 1,28 persen, atau 19,53 poin, ke 1,541.11.

Saham-saham Hong Kong memperpanjang reli untuk hari keempat pada Kamis pagi karena investor menaikkan gelombang rekor penutupan di Wall Street.

Indeks Hang Seng menguat 0,48 persen, atau 111,23 poin, menjadi 23,160.35.

Indeks Shanghai Composite bergerak mendatar pada hari perdagangan terakhir sebelum rehat selama seminggu untuk Tahun Baru Imlek.

Pasar saham telah berkurang 0,33 poin ke 3,149.22, tetapi Indeks Shenzhen Composite, yang melacak saham di bursa kedua China, naik 0,14 persen, atau 2,65 poin, menjadi 1,906.69.

Bursa saham China berada dalam jalur menuju kestabilan jelang liburan 5 hari yang dimulai pada akhir pekan ini dan berjalan hingga Kamis pekan depan untuk menandai Tahun Baru Imlek. Dan pasar Asia lainnya mengikuti tren dari rekor penutupan indeks AS, termasuk Dow berada di atas 20.000 untuk pertama kalinya.

Indeks Komposit Shanghai naik 0,07%, sedangkan Indeks Hang Seng Hong Kong melaju kuat 1,30%.

Di Asia, inflasi kuartal keempat Selandia Baru naik 1,3% tahun-ke-tahun dan 0,4% kuartal-ke-kuartal, keduanya di atas ekspektasi dengan NZD/USD turun 0,12% menjadi 0,7284 setelah data, sementara Jepang melaporkan indeks harga jasa perusahaan naik 0,4% pada bulan Desember seperti yang diharapkan.

Nikkei 225 melonjak 1,75% dengan saham Japan Display melonjak 8,22% setelah mengatakan akan mulai menyediakan liquid crystal display (LCD) panel fleksibel untuk smartphone. S&P/ASX 200 naik 0,38%.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lain, turun 0,07% ke 99,84.

Semalam, saham AS menguat tinggi setelah ditutup, keuntungan diraih sektor Teknologi, Keuangan dan Industri yang memiimpin saham lebih tinggi.

Pada penutupan di NYSE, Dow Jones Industrial Average bertambah 0,78% untuk menyentuh level baru tertinggi sepanjang masa, sedangkan Indeks S&P 500 terdongrak naik 0,80%, dan Indeks Komposit NASDAQ menguat 0,99%.

Keuntungan saham tersebut terjadi meski keprihatinan atas jalur perdagangan global di bawah Presiden Donald Trump setelah serangkaian langkah-langkah untuk meninjau atau meninggalkan pakta perdagangan multilateral dan menyerang penawaran bilateral bahkan AS pangsa indeks mencapai rekor tertinggi pada hari Rabu.

Kebingungan aksi imigrasi eksekutif pemerintah dan peraturan yang mempengaruhi usaha Presiden Donald Trump membantu mengangkat Indeks Dow Jones di atas 20.000 pada hari Rabu.

Trump juga membuka jalan bagi dua pipa yang kontroversial pada Selasa lalu, sehingga memudahkan TransCanada untuk membangun pipa Keystone XL dan Transfer Energy Partners sebagai bagian akhir pembuatan pipa Dakota Access.

Greenback juga melemah pekan ini setelah Trump mengatakan di Twitter bahwa ia akan melakukan “penyelidikan besar-besaran” terhadap dugaan penipuan pemilih, dengan fokus kepada dua negara bagian dan pemilih ilegal. Seruan itu muncul meski petugas pilpres Partai Republik di negara-negara kunci mengatakan mereka tidak menemukan bukti ilegal pemungutan suara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s