Sempat Menguat, Emas Kembali Merosot

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Emas melambung dari penutupan terendah dalam 10 bulan karena para pedagang lindung nilai terhadap setiap potensial kejutan dari pertemuan Federal Reserve AS di mana para pembuat kebijakan diharapkan dapat meningkatkan suku bunga untuk pertama kalinya tahun ini.

Selama sebulan terakhir, logam telah jatuh karena pedagang memprediksi kemungkinan kenaikan suku bunga, mengurangi daya tarik aset yang tidak membayar hasil atau dividen. Pemilihan Donald Trump menjadi presiden AS juga membantu memacu sell-off karena rencana belanja infrastruktur tim transisinya sebanyak $ 1 triliun, memperkuat prospek pertumbuhan dan memacu reli dalam ekuitas AS.

Emas berjangka naik 0,4 persen untuk menetap di $ 1,163.70 per ons pada pukul 13:36 di Comex New York. Harga ditutup pada Selasa di level $ 1.159, terendah sejak 5 Februari. Pedagang bertaruh ada kesempatan 100 persen bahwa The Fed akan meningkatkan biaya pinjaman pada Rabu sore waktu setempat, menurut Fed fund rate futures.

Emas merasakan pukulan dari Federal Reserve. Logam mulia jatuh ke level terendah sejak Februari dan menuju kerugian kuartalan terbesar sejak 2013 setelah para pembuat kebijakan menaikkan suku bunga dan mengisyaratkan kecepatan yang lebih cepat untuk pengetatan tahun depan.

Bullion untuk pengiriman segera turun 0,5 persen ke level $ 1,136.76 per ounce, yang merupakan level terendah sejak 3 Februari, dan berada di level $ 1,137.40 pada pukul 8:26 pagi waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg. Logam ini anjlok 1,4 persen pada hari Rabu setelah Fed merevisi prospeknya, yang mana sekarang menunjukkan tiga kenaikan pada tahun 2017, dibandingkan dengan prospek dua kenaikan sebelumnya.

Emas terperosok seiring meningkat suku bunga AS melambungkan dolar AS, dan investor berharap bahwa Presiden terpilih AS Donald Trump akan mendorong pertumbuhan melalui belanja pemerintah sehingga membantu ekuitas AS reli ke level rekor. Hal itu mendorong arus keluar logam dari dana yang diperdagangkan di bursa seiring harga bergerak yang lebih rendah. Komoditas tersebut telah kehilangan 14 persen sejak akhir September.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s