Prediksi IHSG Pada Akhir Tahun Masih Belum Jelas

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang, PT Bahana Securities memperkirakan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (13/12/2016), akan bervariasi namun cenderung melemah terbatas. 

IHSG diperkirakan bergerak di kisaran 5.280-5.325. “Sementara saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain BBRI, HMSP, PGAS, BMRI, dan JSMR,” tulis riset Bahana.

Sebelumnya pada perdagangan Jumat (9/12/2016), IHSG ditutup di level 5.309,13 atau menguat 0,08 persen terhadap penutup sebelumnya.

Dengan demikian, dalam sebulan indeks sudah terkoreksi 2,11 persen. Namun sejak awal tahun, indeks masih mengalami kenaikan 15,57 persen.

Bahana mencatat, IHSG mengalami kenaikan di akhir sesi di tengah aksi beli oleh investor domestik pada saham-saham big caps.

“Lima saham dengan kapitalisasi besar yang menjadi motor pergerakan IHSG yaitu ADRO, INTP, SMGR, BBNI, dan UNTR,” tambah Bahana.

Pada perdagangan Jumat pekan lalu, tercatat sebanyak 142 saham mengalami kenaikan, 164 saham mengalami penurunan, 107 saham tidak mengalami perubahan, dan 170 saham tidak mengalami perdagangan.

Sementara investor asing tercatat melakukan net sell sebesar Rp 80,8 miliar di pasar reguler, sehingga dalam sebulan tercatat net sell Rp 1,9 triliun. Akan tetapi, investor asing masih mencatatkan net buy Rp 7,7 triliun sejak awal tahun.

“Lima saham yang banyak dijual asing di pasar reguler yaitu BBCA, ASII, BJBR, UNVR, serta WSKT,” lanjut Bahana.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak cukup menjanjikan hingga akhir perdagangan pekan lalu di tengah masih berfluktuasinya nilai tukar dan harga komoditas.

“Pola pergerakan masih terlihat memiliki kekuatan besar untuk naik,” kata William Surya Wijaya, analis dari Asjaya Indosurya Securities, melalui keterangan tertulis, Selasa (13/12/2016).

Hal tersebut, kata William, tentunya ditunjang oleh masih stabilnya perekonomian. Tekanan lebih disebabkan dampak hari libur jelang akhir tahun.

Sedangkan penguatan masih akan ditunjang oleh beberapa hal, diantaranya adalah jelang rilis data perekonomian global Fed Fund Rate yang sepertinya belum akan berubah.

BI rate dalam pekan ini yang juga masih terlihat belum akan ada perubahan, serta neraca perdagangan semakin menunjukkan bahwa keadaan perekonomian yang masih berada dalam tahap terkendali.

Sedangkan jelang libur panjang serta jelang pekan terakhir sepertinya akan terlihat kenaikan yang dapat disebut “santa rally” di mana masih menguatnya harga komoditas masih akan menunjang juga penguatan IHSG.

“Hari ini IHSG berpotensi menguat, dengan rentang pergerakan 5.221 – 5.389,” tulis William.

Adapun saham-saham yang bisa dicermati hari ini antara lain BBNI, PGAS, ASRI, ADHI, WIKA, UNVR, HMSP, GGRM, serta ASII.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada perdagangan saham Selasa (13/12/2016). IHSG dibuka di level 5.296,19 pada pukul 09.00 WIb di jalur merah.

Hingga pukul 09.29 WIB, IHSG terus menurun di level 5.281,04 atau tertekan 27,07 poin (turun 0,51 persen). Sementara pada Jumat pekan lalu, IHSG ditutup di level 5.308,12.

Sebanyak sembilan indeks sektoral kompak melemah dengan pelemahan utama dipimpin oleh sektor aneka industri. Hanya sektor pertambangan saja yang masih menguat, didorong oleh kenaikan harga minyak mentah dunia.

Dari data RTI, sebanyak 92 saham dibuka menguat sementara 103 saham dibuka melemah dan 117 saham dibuka tetap.

Net foreign sell di semua papan perdagangan tercatat mencapai Rp 73,3 miliar. Sementara net foreign sell di pasar reguler mencapai Rp 72,6 miliar.

Dari pasar spot Bloomberg, rupiah terpantau menguat dibanding dollar AS. Pada pukul 09.32 WIB, rupiah menguat 18 poin ke level 13.313 per dollar AS. Pada perdagangan Jumat pekan lalu, rupiah ditutup di 13.331.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s