Saham Eropa Reli, Saham AS Bergerak Variasi

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT Rifan Financindo – Semarang, Bursa saham AS berfluktuasi, dengan saham kesehatan melemah setelah Donald Trump mengisyaratkan niatnya untuk mendorong biaya obat-obatan lebih rendah. Hutang pemerintah naik karena meningkatnya spekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan memperpanjang program pembelian obligasi-nya.

Indeks S&P 500 naik 0,2 persen menjadi 2,215.92 pada pukul 11:47 siang di New York, meninggalkannya berada di jalur untuk rekor penutupan. Indeks Dow Jones Industrial Average menambahkan 34 poin menjadi 19.283, terbaru sepanjang masa. Saham perawatan kesehatan turun 1,8 persen, satu-satunya dari 11 kelompok untuk melemah. Saham Pfizer Inc. turun 2,5 persen untuk penurunan tertajam dalam Indeks Dow Jones. Saham-saham Biotech anjlok 2,4 persen.

Saham-saham AS telah berjuang untuk menambahkan reli pasca pemilu yang membawa indeks utama ke level tertinggi sepanjang masa pada akhir November. Komentar Trump semakin meningkatkan pergerakan pasar, dengan pernyataan muncul setelah tweet terakhir dari United Technologies Corp dan Boeing Co. Investor diposisikan untuk perpanjangan pembelian aset bulanan sebesar 80 miliar euro ($ 86 miliar) oleh ECB pada bulan Maret lalu bahkan karena ketidakpastian berkepanjangan sebelum ECB menyimpulkan pertemuan dua hari pada hari Kamis.

Saham Eropa menambahkan kenaikan tajam di sesi sebelumnya pada hari, didorong oleh kenaikan pabrik mobil, penambang dan bank. Optimisme Bank Sentral Eropa akan memperluas program stimulus pada pertemuan Kamis nanti membantu mendorong gain minggu ini, terutama pada yang biasa disebut pasar peripheral yang dianggap lebih berisiko setelah dampak dari referendum Italia mereda.

Stoxx Europe 600 Index naik 0,9 persen pada penutupan perdagangan, menutup reli terbesar tiga harinya sejak pilpres AS. Euro Stoxx 50 naik 1,3 persen ke level tertinggi sejak April. Gain minggu ini telah membantu CAC 40 Index Prancis menghapus penurunan tahunan dan naik 1,2 persen.

Swiss Market Index, yang didominasi oleh saham defensif seperti perusahaan makanan dan perawatan kesehatan, turun 10 persen pada 2016. Italia FTSE MIB turun 15 persen dan Spanyol IBEX telah turun 6,1 persen. Stoxx 600 mengikuti kenaikan ekuitas global pada hari Rabu, dan ditutup pada level tertinggi sejak September.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s