Emas Perpanjang Memrosotan Tajam

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifan Financindo – Semarang, Emas menurun untuk keenam kalinya dalam tujuh hari terkahir karena investor meninggalkan dana yang diperdagangkan di bursa emas.

Bullion untuk segera pengiriman turun 0.2% menjadi $ 1,167.97 / oz pada 9:07 pagi di Singapura: harga Bloomberg. Harga jatuh ke $ 1,157.26 pada 5 Desember, level terendah sejak 5 Februari

RSI 14-day ditutup di bawah 30 dalam sepekan terakhir, sinyal untuk beberapa pedagang bahwa harga mungkin akan rebound. Kepemilikan ETF turun untuk masa 18 hari.

Perdagangan berjangka memiliki harga di 100% probabilitas setidaknya kenaikan seperempat poin pada pertemuan The Fed 13-14 Desember. Indeks Bloomberg Dollar Spot setelah naik 0,2% pada hari Selasa

Dalam logam mulia lainnya, perak sedikit berubah pada $ 16,721 / oz. Platinum turun 0,2% ke $ 933,10 / oz. Palladium turun 0.3% menjadi $ 735,15 / oz.

Harga emas menetap lebih rendah untuk sesi kedua hari Selasa, seiring menguatnya dolar terhadap rival-rival utamanya dan saham AS diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi sehingga mengalihkan perhatian investor dari logam mulia.

Investor emas juga tetap bersikap defensif seiring mereka menghadapi kemungkinan kuat dari kenaikan suku bunga Federal Reserve minggu depan dan kemungkinan bahwa kebijakan moneter akan mengetat dengan kecepatan yang terakselerasi pada tahun 2017 sehingga meningkatkan dolar dan memotong permintaan untuk logam kuning.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari turun $ 6,40, atau 0,5%, untuk menetap di level $ 1,170.10 per ounce. Kontrak tersebut jatuh di bawah level $ 1.160 per ounce sebelumnya pada hari Senin, sempat menjejaki level  yang tidak terlihat sejak Februari.

Indeks dolar ICE U.S. diperdagangkan lebih tinggi 0,4% setelah kenaikan kuat pada bulan November dan awal Desember. Penguatan dalam dolar AS sering membuat komoditas, termasuk emas, menjadi kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga emas naik tipis di sesi Asia, Selasa (7/12) dalam sentimen beli ringan menyusul penurunan lanjutan logam kuning di bulan lalu.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 0,07% menjadi $1,170.95 per troy ons di divisi Comex Bursa Perdagangan New York.

Semalam, harga emas turun ke level sekitar 12% dari posisi tertinggi November akibat dolar yang lebih kuat dan perkiraan secara luas kenaikan suku bunga Fed di pekan depan bergabung untuk mengurangi minat atas logam mulia itu. Menambah pandangan yang buruk, aksi beli perdagangan telah tumbuh secara global tercipta dari kemenangan mengejutkan presiden AS Donald Trump.

Investor juga mengawasi ketat permintaan emas di India dan China dengan mata uang yang lemah itu dapat menunjukkan beberapa percikan permintaan bagi dua pembeli terbesar global tersebut.

Faktor terakhir yang meredam harga komoditi: analis di Commerzbank Jerman AG O.N. (DE:DE:CBKG) melaporkan tekanan harga arus keluar stabil dari dana yang diperdagangkan di bursa yang membeli emas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s