Impact Referendum Italia, Saham Eropa Menguat | RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO

Rifanfinancindo – Semarang, Setelah satu minggu yang menunjukan antusias kecil yang ditandai dengan perdagangan ringan menjelang referendum Italia, ekuitas Eropa mengabaikan hasil dari referendum untuk meraih kenaikan tertinggi dalam lebih dari dua minggu.

Stoxx Europe 600 Index naik 0,6 persen, dipimpin oleh reli pada produsen mobil dan penambang. FTSE MIB Indeks Milan kehilangan 0,2 persen, setelah berayun di antara keuntungan dan kerugian seiring Perdana Menteri Matteo Renzi mengumumkan pengunduran dirinya.

Ini telah menjadi tahun yang menyakitkan bagi saham Italia, diselimuti oleh ketidakpastian politik dan krisis pada sektor perbankan. FTSE MIB telah anjlok 20 persen tahun ini, berkinerja terburuk di antara indeks acuan pasar maju.

Saham Stoxx 600 yang berhubungan dengan mobil membukukan kenaikan terbesar dalam empat bulan, dengan Fiat Chrysler Automobiles NV dan Renault SA naik setidaknya 2,7 persen. Euro jatuh sebanyak 1,5 persen terhadap dolar, sebelum berhasil membalikkan penurunannya.

Euro naik tajam pada hari Senin, berada di jalur untuk kinerja harian terbaik terhadap dolar sejak awal Juni, seiring investor cepat bergerak melewati kejutan awal dari suara “tidak” dalam referendum konstitusi Italia dan pengunduran diri perdana menteri negara itu.

Satu euro dibeli seharga $ 1,0789 dalam perdagangan terakhir, naik 1,1% dari level $ 1,0665 pada akhir Jumat di New York. Mata uang ini diperdagangkan serendah $ 1,0505 pada Minggu malam, yang merupakan level terendah sejak 16 Maret 2015.

Pada hari Minggu, para pemilih Italia menolak reformasi konstitusional. Perdana Menteri Matteo Renzi, yang telah memimpin negara itu sejak 2014, mengumumkan pengunduran dirinya kemudian, seperti yang telah diperkirakan sebelumnya.

Investor tampaknya telah menentukan bahwa kekalahan referendum ini pada akhirnya tidak akan menggagalkan proses reformasi konstitusional di Italia, yang juga mendukung euro.

Dalam perdagangan mata uang lainnya, ICE AS Dollar Index berada 0,8% lebih rendah menjadi 100,01, sedangkan pound Inggris berpindah tangan di level 1,2732 $ menjelang sidang Mahkamah Agung Inggris pada apakah persetujuan DPR akan diminta dalam negosiasi pemerintah mengenai Brexit.

EUR/USD diperdagangkan pada 1.0764, naik 0.95% pada waktu penulisan. Pasangan ini kemungkinan akan menemui support pada 1.0507, Senin’terendah dan resistance pada 1.0796, hari ini’tertinggi. Sementara itu, Euro naik terhadap Pound Inggris dan Yen Jepang, dengan EUR/GBP bertambah 0.91% mencapai 0.8458 dan EUR/JPY meningkat 1.23% ke 122.58.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s