Bursa Jepang Naik Karena Terdorong Dolar Vs Yen

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Rata-rata Indeks Nikkei Jepang bergerak naik untuk hari keenam pada Kamis ini dibantu oleh harapan untuk laba di sektor eksportir yang lebih baik karena dolar menguat terhadap yen.

Dolar menguat menyusul optimisme data ekonomi AS bahwa mengangkat prospek suku bunga AS yang lebih tinggi.

Indeks Nikkei berakhir 0,9 persen lebih tinggi pada level 18,333.41, memperpanjang kenaikannya menjadi hari keenam untuk mengirim kenaikan beruntun terpanjang sejak pertengahan Juli.

Indeks Topix naik 0,9 persen ke level 1,459.96, naik untuk hari ke-10.

Indeks JPX Nikkei 400 menguat 0,9 persen ke level 13,105.50.

Saham Jepang naik untuk hari ke-10 berturut-turut setelah yen melemah karena data ekonomi yang solid dapat memperkuat kasus untuk kenaikan suku bunga AS.

Indeks Topix acuan naik ke level tertinggi hampir 10-bulan terakhir pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah dibuka kembali pasca liburan. Indeks Topix naik 0,8 persen ke level 1,459.14 sementara Indeks Nikkei 225 menguat 1,0 persen ke level 18,338.85. Yen memperpanjang kerugian terhadap dolar setelah merosot 1,2 persen pada hari Rabu, karena data menunjukkan pesanan barang tahan lama AS lebih baik dari perkiraan. Pedagang sekarang melihat peluang 100 persen untuk Federal Reserve menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

Indeks Topix mengikuti Nikkei 225 Stock Average memasuki pasar bullish minggu ini dan telah naik 12 persen yang merupakan keuntungan harian beruntun terpanjang sejak Juni 2015, yang dimulai sehari setelah indeks acuan merosot pada reaksi awal terhadap kemenangan pemilu Donald Trump. Saham Tokyo mendapatkan manfaat dari pelemahan yen seiring janji fiskal belanja Trump dapat meningkatkan dolar dan mengirim saham AS menuju rekor tertinggi. Mata uang Jepang berada di jalur untuk penurunan bulanan terbesar terhadap greenback sejak Desember 2009.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s