Saham Eropa Memerah, Saham AS Dibayangi Pernyataan Yellen

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Saham Eropa berakhir hampir tiga minggu tertinggi pada hari Kamis, dengan saham minyak menstabilkan harga, sementara pasar menemukan dukungan terhadap indikasi Bank Sentral Eropa yang bersiap untuk menambahkan stimulus lebih lanjut ke dalam perekonomian zona euro.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,6 % menjadi ditutup pada level 340,60, karena semua sektor berakhir dengan keuntungan. Indeks acuan dekati level tertinggi sejak 28 Oktober, menurut data dari FactSet dan mengalami penguatan untuk ketiga dalam empat sesi terakhir pada hari Kamis.

Saham energi berada di antara para kinerja terkuat, seiring minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berjangka dan minyak mentah Brent masing-masing melonjak hampir 2 %. Itu setelah Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan ia optimistis terhadap Organisasi Negara Pengekspor Minyak yang akan mencapai kesepakatan pada akhir bulan ini untuk menekan output guna menstabilkan pasar minyak dunia yang mengalami kelebihan pasokan.

Risalah dari pertemuan Bank Sentral Eropa pada bulan Oktober dirilis. Mereka menunjukkan pembuat kebijakan, yang dipimpin oleh Presiden ECB Mario Draghi, yang terbuka untuk meningkatkan € 1.7 triliun upaya stimulus mereka jika itu diperlukan guna membantu mendukung pemulihan pertumbuhan ekonomi zona euro.

Dolar berpotensi mempertahankan penguatannya pada akhir pekan ini setelah ketua Federal Reserve Janet Yellen semalam berikan sinyal kuat terhadap peluang kenaikan suku bunga di akhir tahun ini, pernyataan tersebut ditopang oleh data ekonomi yang optimis dari Amerika Serikat. Untuk hari ini yang akan menjadi pemicu pergerakan dollar lainnya adalah pidato dari anggota FOMC William Dudley dan Esther George.

Pasar ekuitas Asia dibuka dengan sebagian besar lebih tinggi pada hari Jumat, setelah berakhir positifnya indeks saham utama AS pada hari Kamis dibalik pernyataan ketua Federal Reserve Janet Yellen dan data ekonomi yang optimis.  Untuk indeks Nikkei, selain ditopang indeks AS yang positif, pelemahan yen juga berikan dukungan yang solid dengan pelemahan yen memberikan angin segar terhadap perusahaan eksportir.

Harge emas berpotensi lanjutkan pelemahannya pada hari Jumat setelah menyentuh level terendah dalam lima bulan di sesi sebelumnya, diseret turun oleh penguatan dolar ASsetelah ketua Fed Janet Yellen meningkatkan kemungkinan untuk kenaikan suku bunga AS pada bulan depan. Yang berpotensi menjadi penggerak pasar untuk emas pada hari ini adalah pidato dari dua anggota FOMC pada pukul 21:30 WIB.

Harga minyak melemah tipis di awal perdagangan Asia di tengah kebimbangan pasar terhadap outlook OPEC membatasi produksi terhadap kecemasan kelebihan pasokan dan rally dollar. Pada hari ini pasar akan menantikan laporan aktivitas rig dari Baker Hughes untuk petunjuk pasar lebih lanjut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s