Bursa Jepang Merosot Tajam | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Saham-saham di Tokyo menuju penurunan terbesar dalam tiga bulan terakhir, seiring kecemasan atas pemilihan presiden AS pekan depan mengirim para investor global menghindari dari aset berisiko.

Indeks Topix bersiap untuk penurunan satu hari terburuk sejak 3 Agustus lalu setelah penutupan hari Selasa berada di level tertinggi sejak April, karena investor bersikap hati-hati menjelang hari libur nasional. Indeks Topix turun 1,6 % ke level 1,371.03 sedangkan Indeks Nikkei 225 melemah 1,4 % ke level 17,200.61. Yen menguat untuk hari kedua terhadap dolar sementara ukuran yang melacak saham global merosot. Laporan dari Washington Post-ABC News Tracking Poll menunjukkan kandidat dari Partai Republik Donald Trump yang mengungguli atas kandidat dari Partai Demokrat Hillary Clinton menjelang pemilihan presiden 8 November mendatang.

Saham Tokyo membukukan penurunan terbesar mereka dalam tiga bulan terakhir, seiring kekhawatiran atas pemilihan presiden AS pekan depan mengirim para investor global menghindari dari aset berisiko.

Indeks Topix ditutup pada penurunan terbesar sejak 3 Agustus lalu setelah penutupan hari Selasa berada di level tertinggi sejak April, karena investor berhati-hati menjelang hari libur nasional hari Kamis. Indeks Topix turun 1,8 % ke level 1,368.44 sedangkan Indeks Nikkei 225 merosot 1,8 % ke level 17,134.68. Yen menguat untuk hari kedua terhadap dolar. Sementara ukuran yang melacak saham global melemah. Sebuah laporan dari Washington Post-ABC News Tracking Poll menunjukkan kandidat Partai Republik Donald Trump mengungguli atas kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton menjelang pemilihan 8 November nanti.

Saham Jepang pada bulan lalu mengalami kinerja terbaik mereka sejak Juli setelah yen jatuh pada pandangan luar AS yang akan memilih untuk meningkatkan suku bunga secara bertahap di tengah tanda-tanda pemulihan ekonomi yang moderat. Harga harian berayun telah menjadi tenang, dengan 60-hari rata-rata volatilitas pada Topix dekati level terendah sejak Juli 2015. Investor di Jepang mungkin cenderung untuk bertahan di sela-sela sampai pemilu AS untuk melihat bagaimana hasilnya yang akan memberikan dampak sentimen risiko global dan yen.

Investor juga bersikap hati-hati di tengah pertemuan kebijakan bank sentral. Bank of Japan (BOJ) mempertahankan program stimulus tidak berubah pada hari Selasa, sementara Federal Reserve memberikan ulasan pengaturan kebijakan moneter pada hari Rabu.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s