OPEC Penyebab Penurunan Minyak Berlanjut

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Minyak turun untuk hari kedua karena perbedaan pendapat internal OPEC menghambat upaya antara pemasok utama untuk mencapai kesepakatan di Wina pada pemangkasan produksi guna mendukung harga.

Kontrak turun sebanyak 1,1 % di New York setelah merosot 2,1 % pada akhir pekan lalu. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak mengakhiri pertemuan Jumat lalu tanpa mencapai kesepakatan pada kuota negara, menurut delegasi dalam diskusi tersebut. Negara-negara non-OPEC menyelesaikan pembicaraan dengan kelompok itu pada hari Sabtu tanpa komitmen pasokan, kata Sekretaris Perminyakan dan Gas Brasil Marcio Felix. Brasil hadir sebagai pengamat.

Harga minyak berfluktuasi mendekati US $ 50 per barel di tengah ketidakpastian mengenai apakah OPEC dapat menerapkan pengurangan pasokan pertama dalam delapan tahun terakhir pada pertemuan resmi November. Sebagai pertemuan itu dibuka di Wina pada pekan lalu, Sekretaris Jenderal OPEC Mohammed Barkindo memperingatkan konsekuensinya jika produsen tidak menindaklanjuti kesepakatan untuk mengurangi output. Pemulihan harga telah terjadi terlalu lama dan pemasok tidak bisa mengambil risiko untuk menunda lebih lanjut, katanya.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember turun sebanyak 53 sen ke level $ 48,17 per barel di New York Mercantile Exchange, dan berada di level $ 48,53 pada pukul 13:49 siang waktu Hong Kong. Kontrak tersebut jatuh US $ 1,02 ke level $ 48,70 pada hari Jumat. Total volume yang diperdagangkan adalah sekitar 3 % di atas 100-hari rata-rata. Harga minyak menetapkan untuk kenaikan bulanan ketiga, meningkat 0,6 % pada Oktober.

Brent untuk pengiriman Desember, yang berakhir hari Senin, kehilangan 42 sen atau 0,8 %, ke level $ 49,29 per barel di ICE Futures Europe exchange London setelah melemah 1,5 % pada Jumat lalu. Bulan depan harga minyak naik 0,9 % dibandingkan bulan ini. Minyak mentah acuan global yang diperdagangkan pada premium dari 96 sen menjadi WTI. Kontrak teraktif untuk Januari turun 17 sen menjadi $ 50,51 per barel.

Harga minyak mentah tetap melemah di sesi perdangan Asia, Senin, setelah pasar berkembang semakin skeptis bahwa OPEC dapat bertahan dalam pembatasan produksi yang diusulkan.

Di Bursa Perdagangan New York, minyak mentah untuk pengiriman Desember turun 0,45% ke $48,48 per barel. Di Bursa Berjangka ICE London, minyak Brent untuk pengiriman Desember turun 0,47% menjadi $50,44 per barel.

Pekan lalu, minyak berjangka jatuh ke level terendah dalam hampir satu bulan pada hari Jumat dan menderita kerugian mingguan terbesar sejak pertengahan bulan September di tengah meningkatnya skeptisisme atas pelaksanaan kesepakatan yang direncanakan oleh OPEC untuk membatasi produksi.

Para pejabat OPEC bertemu di Wina menyelesaikan rincian rencana pengurangan produksi minyak yang gagal mencapai kesepakatan setelah berjam-jam pembicaraan di hari Jumat, karena keberatan Iran yang enggan membekukan produksi, kata sumber-sumber OPEC.

Kelompok minyak 14 anggota itu mencapai kesepakatan pembatasan produksi ke range 32,5 juta hingga 33,0 juta barel per hari dalam pembicaraan yang diadakan di Aljazair pada akhir bulan september.

Namun, OPEC mengatakan tidak akan menyelesaikan rincian tentang kuota produksi individu sampai pertemuan resmi berikutnya di Wina pada 30 November.

Pada bulan September, produksi grup tersebut mencapai 33,4 juta barel per hari.

Kemungkinan bahwa produsen minyak pulang dengan tangan hampa dari pertemuan mendatang tampaknya membesar setelah Irak, Iran, Nigeria dan Libya semuanya mengisyaratkan mungkin tidak mengambil bagian dalam kesepakatan pembatasan produksi yang diusulkan tersebut. Sikap Rusia belum jelas yang juga memicu ketidakpastian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s