Emas Memperpanjang Penurunan

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Emas jatuh ke level terendah dalam hampir empat bulan dan melebihi kritis pergerakan rata-rata 200-hari setelah klaim pengangguran di AS turun ke level terendah kedua sejak 1973, memperkuat kasus untuk kenaikan suku bunga.

Klaim pengangguran awal turun 5.000 ke 249.000 dalam pekan yang berakhir pada 1 Oktober, menurut laporan dari Departemen Tenaga Kerja hari Kamis di Washington. Pedagang memprediksi kesempatan Federal Reserve akan menaikkan suku pada bulan Desember sebesar 63 persen, naik dari 52 persen pada bulan lalu. Suku bunga yang lebih tinggi mengekang daya tarik emas.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember tergelincir 1,2 persen untuk menetap di $ 1.253 per ons pada pukul 13:42 siang di Comex New York. Harga menyentuh $ 1,252.50, terendah untuk kontrak teraktif sejak 8 Juni. Logam juga turun ke bawah pergerakan rata-rata 200-hari dari $ 1,256.41, level yang dilihat oleh beberapa pedagang yang mempelajari grafik sebagai sinyal bahwa harga akan turun lebih jauh. Pada hari Selasa, emas berjangka merosot tajam dalam hampir tiga tahun setelah harga jatuh di bawah pergerakan rata-rata 100 hari sehari sebelumnya.

Emas diperdagangkan mendekati level terendah dalam empat bulan dan berada di jalur untuk penurunan mingguan terbesar tahun ini seiring positifnya data pengangguran AS dan komentar dari pembuat kebijakan Federal Reserve mengangkat kemungkinan kenaikan suku bunga AS sehingga melambungkan dolar AS.

Bullion untuk pengiriman segera berada 0,4 persen lebih tinggi di level $ 1,259.26 per ounce pada pukul 9:31 pagi waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg. Logam ini turun 1 persen untuk ditutup di level $ 1,254.38 pada hari Kamis, yang merupakan level terendah sejak 7 Juni, dan turun 4,3 persen minggu ini, atau yang terbesar sejak periode 6 November tahun lalu.

Emas telah jatuh kareseiringna para pedagang melihat peluang kenaikan untuk biaya pinjaman AS yang lebih tinggi sehingga meredam daya tarik bearing non-bunga bullion. Pengajuan untuk tunjangan pengangguran AS minggu lalu jatuh ke posisi terendah kedua sejak 1973, data menunjukkan Kamis. Hal itu memacu optimisme laporan payrolls hari Jumat akan memperkuat gambaran dari pasar tenaga kerja yang kuat. Minggu ini, Fed Bank of Presiden Richmond Jeffrey Lacker mendesak bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s