“HP Pintar” Terbaru Buatan Google | PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Untuk pertama kalinya Google meluncurkan smartphone tanpa diberi embel-embel “Nexus”, melainkan “Pixel”. Banyak yang berspekulasi bahwa kehadiran Pixel menandakan akhir riwayat Nexus, meski Google belum mengiyakan secara tegas.

Jika Nexus benar-benar ingin dihentikan, tentu Pixel harus hadir sebagai pengganti, bukan sekadar pelengkap. Lantas, apa perbedaan signifikan antara kedua nama merek?

Menurut Chief Hardware Google, Rick Osterloh, perangkat di bawah bendera Pixel selalu menjadi perangkat yang terbaik. Sebelum smartphone, Google pernah mengeluarkan tablet Pixel C dan laptop Chromebook Pixel.

“Nama Pixel selalu mewakili kualitas hardware dan software terbaik,” kata dia, sebagaimana dilaporkan TheVerge, Rabu (5/10/2016).

1. Peningkatan kualitas

Ini mengindikasikan bahwa smartphone seri Pixel membawa peningkatan kualitas dari Nexus. Ditilik dari fiturnya, ponsel itu memang tampaknya dibikin dengan konsep premium.

Tak cuma memiliki kamera dengan skor 89 di DxOMark, duo Pixel juga dilengkapi kapasitas penyimpanan cloud tanpa batas, Google Assistant, dukungan virtual reality, dan pengecasan super cepat.

Sistem operasinya mengusung Android Nougat teranyar yang diracik khusus oleh Google khusus untuk pengguna Pixel.

2. Dirancang Google alias made by Google

Selama ini, Google menggandeng mitra untuk merancang smartphone seri Nexus. Beberapa vendor seperti Samsung, Asus, HTC, LG, dan Huawei, pernah berperan sebagai perancang ponsel Nexus.

Nah, jika dilihat dari rekam jejak Pixel, tablet Pixel C dan Chromecast Pixel merupakan dua perangkat yang serta-merta dibangun Google. Tak ada mitra yang terlibat pada proses desain produk.

Prinsip ini dipertahankan pada duo smartphone Pixel dan Pixel XL teranyar. Google menggunakan tagline “made by Google” alias “dibuat oleh Google” untuk acara peluncurannya kemarin malam.

Memang, Pixel dan Pixel XL dirakit di pabrik vendor asal Taiwan, HTC. Namun rancangan hardware dan software sepenuhnya di tangan Google.

Intinya, merek Pixel dirancang sebagai hardware level lanjutan dari merek Nexus. Selain diklaim berkualitas lebih baik, Pixel juga merupakan karya pemikiran penuh Google, bukan kolaborasi ide dengan vendor lain.

Google akhirnya resmi merilis smartphone Android Pixel dan Pixel XL dalam sebuah acara di San Francisco, AS, Rabu  (5/10/2016) dini hari WIB.

Sesuai dengan rumor yang beredar, duo Pixel tersebut dibanderol dengan harga tinggi. Bahkan, keduanya dibanderol semahal iPhone 7, yang juga baru dirilis oleh Apple.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (5/10/2016), varian Pixel (berbentang 5 inci) dengan media penyimpanan 32 GB akan dijual dengan harga 649 dollar AS atau sekitar Rp 8,5 juta.

Sementara itu, varian Pixel dengan media penyimpanan 128 GB dipasarkan dengan harga 749 dollar AS atau sekitar Rp 9,8 juta.

Punya layar yang lebih besar, yakni 5,5 inci, Pixel XL tentunya dijual dengan harga yang lebih tinggi. Versi 32 GB dari perangkat ini akan dijual dengan harga 769 dollar AS atau sekitar Rp 10 juta.

Sedangkan, Pixel XL dengan media penyimpanan 128 GB menjadi yang termahal dengan harga 869 dollar AS atau sekitar Rp 11,3 juta. Harga tersebut, seperti yang sudah disebutkan di atas, sama mahalnya dengan iPhone 7.

Sebagai perbandingan, harga iPhone 7 versi 32 GB saat peluncurannya adalah 649 dollar AS. Banderol tersebut setara dengan Android Google Pixel varian penyimpanan 32 GB.

Pixel dan Pixel XL memiliki otak pemrosesan chipset Qualcomm Snapdragon 821 serta sistem operasi Android yang diracik secara khusus oleh Google. Sistem operasi sudah mendukung platform virtual reality Daydream buatan mereka sendiri.

Keduanya menggunakan layar AMOLED, RAM 4 GB, USB-C, dan port audio 3,5 mm. Kamera belakang Pixel dan Pixel XL memiliki ketajaman resolusi 12 megapiksel dengan ukuran piksel 1,55 mikron, dan lensa dengan diafragma F/2.0.

Berikut daftar harga duo Pixel dan duo iPhone 7 saat peluncuran, sebagai perbandingan:

Pixel

– Versi 32 GB dengan harga 649 dollar AS (sekitar Rp 8,5 juta)
– Versi 128 GB dengan harga 749 dollar AS (sekitar Rp 9,8 juta)

Pixel XL

– Versi 32 GB dengan harga 769 dollar AS (sekitar Rp 10 juta)
– Versi 128 GB dengan harga 869 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta)

iPhone 7

– Versi 32 GB dengan harga 649 dollar AS (sekitar Rp 8,5 juta)
– Versi 128 GB dengan harga 749 dollar AS (sekitar Rp 9,8 juta)
– Versi 256 GB dengan harga 849 dollar AS (sekitar Rp 11,1 juta)

iPhone 7 Plus

– Versi 32 GB dengan harga 769 dollar AS (sekitar Rp 10 juta)
– Versi 128 GB dengan harga 869 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta)
– Versi 256 GB dengan harga 969 dollar AS (sekitar Rp 12,7 juta)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s