Krisis Finansial Deutsche Tidak Berdampak Ke Emas

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Rifanfinancindo – Semarang, Emas berjangka berbalik lebih tinggi di akhir sesi Kamis, menemukan dukungan kembali seiring penurunan pasar saham AS. Harga logam kuning ini membukukan kenaikan pertama dalam tiga sesi.

Emas Desember naik US $ 2,30, atau 0,2%, untuk menetap di level $ 1.326 per ounce.

Indeks utama saham AS diperdagangkan lebih rendah hari Kamis, tetapi bersiap untuk ditutup lebih tinggi untuk kuartal ketiga. Indeks saham Eropa ditutup bervariasi, namun juga bersiap untuk keuntungan kuartalan.

ICE U.S. Dollar Index sedikit berubah seiring pasar melihat komentar terbaru dan yang akan datang dari pejabat Federal Reserve untuk petunjuk pada laju kenaikan suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi dapat meningkatkan dolar dan mengurangi permintaan untuk komoditas berdenominasi dolar.

Pernyataan Fed sejauh minggu ini sebagian besar telah mengindikasikan kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember tetapi beberapa ketidaksepahaman masih berlanjut.

Emas naik pada hari terakhir kuartal ini ditengah meningkatnya kecemasan investor terkait krisis finansial Deutsche Bank AG yang memacu aksi jual di saham serta membantu untuk mendukung permintaan safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,3% menjadi $ 1,324.34 per ons dan diperdagangkan di level $1,323.90 pada 9:18 pagi di Singapura, menurut harga Bloomberg. Itu merupakan kenaikan pertama dalam empat hari dan pemangkasan penurunan logam pekan ini menjadi 1%.

Trader mencari aset haven ditengah meningkatnya kekhawatiran atas kesehatan industri finansial, dengan Bloomberg News. Saham Deutsche Bank di AS jatuh ke rekornya, dan Indeks ekuitas Asia melemah pada hari Jumat. Pembelian aset haven meningkat seiring tumbuhnya kecemasan yang lebih Deutsche Bank, menurut Australia & New Zealand Banking Group Ltd.

Harga emas merosot sedikit di sesi Asia pada hari Jumat dengan investor mengamati komentar lebih lanjut tentang kemungkinan kenaikan suku bunga Fed pada akhir tahun dan survei penting manufaktur China.

Emas untuk pengiriman Desember di divisi Comex Bursa Perdagangan New York menurun 0,03% menjadi $1,325.65 per troy ounce.

Tembaga untuk pengiriman Desember turun 0,05% menjadi $2,187 per pon menjelang PMI manufaktur Caixin sebelum liburan September di Cina minggu depan dengan tingkat 50,1 yang diharapkan, menyenggol naik dari 50,0 bulan sebelumnya. China merupakan pengimportembaga top dunia.

Semalam, harga emas memperpanjang kerugian moderat selama sesi perdagagan Amerika, jatuh ke terendah satu minggu baru karena investor mencerna data ekonomi AS yang lebih baik dari harapan.

Data resmi sebelumnya menunjukkan bahwa estimasi ketiga produk domestik bruto AS kuartal kedua menunjukkan pertumbuhan 1,4%, direvisi dari pembacaan sebelumnya yang berekspansi 1,1%. Para analis telah memperkirakan tingkat pertumbuhan 1,3%.

Secara terpisah, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan klaim pengangguran awal dalam pekan yang berakhir 24 September meningkat 3.000 menjadi 254.000 dari total pekan sebelumnya sebesar 251.000. Analis memperkirakan klaim pengangguran naik 9.000 menjadi 260.000 pekan lalu.

Pasar sekarang akan mengalihkan perhatiannya pada komentar sejumlah pejabat Federal Reserve, termasuk ketua Fed, hari ini untuk petunjuk lebih lanjut tentang kemungkinan kenaikan suku bunga bulan Desember.

Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart, Gubernur Fed Jerome Powell, Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari dan Presiden Fed Kansas Esther George semuanya dijadwalkan untuk berpidato hari ini.

Ada juga penampilan Ketua Fed Janet Yellen, yang berbicara melalui video conference di Forum Bankir Minoritas di Kansas pada pukul 03.00 WIB.

Yellen mengatakan kepada Kongres pada hari Rabu bahwa bank sentral tidak memiliki “jadwal tetap” untuk memodifikasi kebijakan moneternya. Namun greenback mendapat dukungan karena Yellen menambahkan bahwa penciptaan lapangan kerja berlanjut dengan laju saat ini yang akan menyebabkan ekonomi overheat dan, dalam kasus itu, Fed bisa dipaksa untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan.

Pasar saat ini menghargai kesempatan sekitar 52% dari kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan Desember, berdasarkan Perangkat Pemantau Suku Bunga Fed Investing.com.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS, yang mengangkat biaya kesempatan memiliki aset non-unggulan seperti emas batangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s